Banyak Dialami Perempuan, Ini 6 Penyebab Anemia yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa 23-07-2024,12:27 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Penyebab penyakit anemia dapat sangat beragam tergantung pada jenis anemia yang kamu alami sehingga mengetahui informasi mengenai hal ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan. 

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Nomor 1 Kurangi Resiko Anemia

Anemia atau lebih akrab dikenal dengan sebutan kurang darah ini merupakan suatu masalah kesehatan yang cukup umum terjadi dan dialami oleh banyak orang. 

Kondisi ini terjadi saat jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh lebih rendah dari normal sehingga mereka akan menimbulkan gejala seperti lelah, sakit kepala, hingga merasa sesak napas. 

BACA JUGA:Kurang Asupan Zat Besi Sebabkan Ibu Hamil Alami Anemia, Cek 7 Penyebab Lainnya di Sini

Penyakit ini sendiri dapat dialami oleh berbagai kalangan, terutama pada kaum perempuan yang tengah mengalami menstruasi. 

Anemia sendiri merupakan gangguan darah yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah atau tidak bisa berfungsi dengan baik. 

BACA JUGA:Alami Anemia saat Hamil? Yuk Atasi dengan Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini, Cek Sekarang

Sel darah merah yang ada di dalam tubuh ini memiliki kandungan protein yang mengandung zat besi yang disebut sebagai hemoglobin. Zat ini berfungsi untuk mengikat dan menyalurkan oksigen ke sel-sel tubuh. 

Pada mereka yang memiliki kondisi anemia ini, jumlah sel darah merah dan hemoglobin yang ada di dalam tubuh mereka berkurang sehingga oksigen tidak tersuplai dengan baik dan membuat penderita menjadi lemas dan pucat. 

BACA JUGA:Lesu Selama Masa Kehamilan, Ini 9 Gejala Anemia pada Ibu Hamil yang Harus Diwaspadahi

Orang dewasa dinyatakan menyalami anemia jika kadar hemoglobin di dalam darah mereka berada di bawah 14 gram per desiliter untuk laki-laku dan 12 gram per desiliter untuk perempuan. 

Anemia tentunya dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari karena tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil, Makan Makanan Tinggi Zat Besi Salah Satunya

Karena itu, untuk menghindari penyakit anemia ini kamu perlu mengetahui penyebabnya agar dapat menghindari penyebab tersebut dan mengetahui penanganan yang tepat. 

Kategori :