Lahan Seluas 3 Hektar di Gading Cempaka Diamuk Si Jago Merah, Begini Kronologisnya

Minggu 28-07-2024,18:45 WIB
Reporter : Tri Imron
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Si Jago merah kembali berulah, kali ini membakar lahan seluas 3 hektar di seputaran pemakaman di Kembang Tanjung Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu sekitar pukul 14.50 WIB.

Beruntung Api dapat dipadamkan setelah tim Damkar dalam waktu 2 jam.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu Yuliansa.

BACA JUGA:Kantor Kementerian Sosial Bengkulu Diduga Disatroni Maling, Uang Rp11 Juta Raib

Dirinya mengatakan sumber api diperkirakan berasal dari tumpukan sampah yang dibakar oleh warga, yang pada saat itu sedang melakukan gotong royong mingguan.

Api merambat melalui rumput serta pepohonan kering di seputaran pemakaman dan didukung oleh panas terik matahari bersamaan dengan angin kencang. Sehingga api merayap dengan cepat di lokasi tersebut.

BACA JUGA:Niat Beli Mobil Bekas di Facebook, Warga Kota Bengkulu Kena Tipu Rp79 Juta

Beruntung dengan adanya laporan cepat dari Lurah Sidomulyo, tim yang berjumlah 25 orang membawa 4 mobil Damkar berhasil menjinakkan si jago merah dan api tidak merambat ke pemukiman warga.

"Alhamdulillah informasi cepat kita respon, jadi api bisa kita padamkan dan tidak merambat ke pemukiman warga. Diperkirakan lahan yang terbakar ada 3 hektar," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu. 

BACA JUGA:Pemkab Seluma Genjot 5 Sektor Pajak untuk Tingkatkan PAD

Dirinya juga mengimbau untuk warga yang melakukan gotong royong agar kiranya tidak sembarang membakar tumpukan sampah. 

Apalagi di seputaran pepohonan dan rerumputan kering, yang juga saat itu sedang ada angin kencang dan teriknya panas matahari. 

Di sisi lain, Lurah Sidomulyo Aini sekaligus saksi mata yang berada di lokasi kebakaran juga membenarkan kejadian tersebut. 

BACA JUGA:9 Jenis Buah Pisang Ini Ada di Indonesia, Mana Jagoanmu?

Menurutnya kebakaran terjadi ketika para warga sedang membakar sampah hasil gotong royong lalu menyambar rumput kering kemudian membesar.

Kategori :