Parents, Yuk Kenali Istilah Tantrum pada Anak Agar Tidak Pusing Lagi Hadapi Mereka

Selasa 30-07-2024,10:24 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Perilaku tantrum ini secara umum diartikan sebagai perilaku agresif yang dilakukan oleh seorang anak untuk keluar dari kondisi ketidaknyamanannya (deprivasi).

Oleh sebab itu, tantrum adalah sebuah cara bagi anak untuk dapat mengekspresikan dan juga mengelola perasaan mereka, termasuk untuk mencoba memahami atau mengubah apa yang terjadi di sekitar mereka.

Tantrum juga bisa terjadi saat anak belum belajar mengenai cara untuk mengelola emosi yang kuat dan juga belum bisa mengkomunikasikan perasaannya dengan jelas sehingga kombinasi keduanya akan menjadi celah untuk anak mengamuk. 

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Lupus dan Faktor Penyebabnya, Kamu Perlu Tahu Ini!

BACA JUGA:Pusing HP Kamu Sering Diteror SMS Pinjol, Simak 7 Cara Ampuh yang Bisa Membebaskan Dari Pinjaman Online Ilegal

Saat anak merasa lelah, lapar, atau sakit dapat membuat amukan mereka menjadi lebih buruk atau bahkan menjadi lebih sering. Namun biasanya kondisi ini akan lebih jarang terjadi seiring berjalannya waktu. 

Meski seringkali membuat orang tua kewalahan, namun tantrum merupakan hal yang wajar terjadi sehingga orang tua tidak perlu panik atau khawatir saat menghadapinya. 

Biasanya anak akan menjadi jauh lebih baik setelah memasuki usia 4 tahun. 

Tantrum pada anak juga dibedakan ke dalam beberapa jenis, berikut informasinya. 

BACA JUGA:Coba 3 Resep Olahan Ayam Sederhana Ini Sebagai Menu Makan Pagi, Enak Bikin Nagih

BACA JUGA:Melawan Saat Ditangkap, 3 Pelaku Pembobol Konter HP di Kota Bengkulu Dihadiahi Timah Panas

Jenis Tantrum pada Anak

1. Tantrum Manipulatif

Jenis tantrum yang pertama adalah tantrum manipulatif yang biasanya muncul saat keinginan anak tidak terpenui dnegan baik. 

Anak akan tantrum dengan cara yang dibuat-buat agar dapat mendorong orang lain, terutama orang tua mereka untuk memenuhi keinginan mereka. 

Meski tidak semua tantrum terjadi karena hal ini, namun tantrum jenis ini menjadi jenis tantrum yang seringkali terjadi saat anak mengalami penolakan atas apa yang mereka inginkan. 

Kategori :