6 Cara Cegah Sakit Gigi pada Anak, Hindari Makanan Manis hingga Rutin Periksa ke Dokter

Rabu 31-07-2024,18:42 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Membatasi anak mengonsumsi makanan atau minuman manis termasuk salah satu cara mencegah sakit gigi, yuk simak ulasan selengkapnya di sini.

Sakit gigi adalah masalah mulut yang umum dialami oleh seseorang tak terkecuali anak kecil.

Masalah mulut satu ini membuat anak merasakan sakit di gigi atau gusi dengan berbagai gejala mulai dari pembengkakan gusi, sulit mengunya, sakit kepala, bahkan demam.

Oleh karenanya, sebelum sakit gigi menyerang anak, bunda harus lebih memperhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan anak sakit gigi agar dapat mencegahnya.

BACA JUGA:Warga Kota Bengkulu Jadi Korban Penipuan Jual Beli Mobil Bekas di Medsos, Rugi hingga Rp70 Juta

BACA JUGA:Ini 7 Fakta Menarik Buah Manggis yang Perlu Diketahui, Baik untuk Kesehatan

Seperti yang dikatakan di awal bahwa membatasi anak mengonsumsi sesuatu yang mani membantu mencegah penyakit sakit gigi.

Hal tersebut karena makanan atau minuman manis membuat gigi anak berlubang sehingga ketika makanan menyelip ke dalamnya maka akan terjadi peradangan yang menimbulkan rasa sakit.

Tidak hanya itu, menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride, membatasi mengempeng asi saat malam, memberhentikan kebiasaan mengemut makanan dan mengurangi kebiasaan mengisap jari juga termasuk cara mencegah sakit gigi pada anak, melansir dari siloamhospitals sebagai berikut:

BACA JUGA:Penderita Rematik Wajib Tahu, Pantang Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Purin, Cek di Sini Daftarnya

BACA JUGA:Kejari Kaur Musnahkan Barang Bukti 17 Perkara Sepanjang 2024

1. Hindari Makanan Manis 


--Sumber foto: (Web/halodoc.com)

Cara mencegah sakit gigi pada anak yang pertama adalah dengan menghindari makanan atau minuman manis.

Hal tersebut karena makanan dan minuman manis dapat membuat gigi anak berlubang. Lubang di gigi dapat membuat sisa makanan menyelip sehingga susah dibersihkan yang pada akhirnya dipenuhi bakteri sehingga menyebabkan sakit.

Kategori :