Punya Masalah Kesehatan? Coba 7 Resep Minuman Herbal Ala dr Zaidul Akbar Ini

Kamis 01-08-2024,08:52 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

Gamat atau teripang merupakan makhluk laut yang berkhasiat bagi kesehatan. Hewan ini memiliki berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan jantung, organ hati, diabetes, hingga bantu mengembalikan asam lambung.

BACA JUGA:Inilah 7 Jenis Makanan Sehat Baik Dikonsumsi Para Lansia, Bagus untuk Sistem Pencernaan

BACA JUGA:KPU: Visi Misi Cagub dan Cawagub Harus Sejalan dengan RPJPD Provinsi Bengkulu 2024-2045

Gamat yang dapat dikonsumsi adalah gamat yang sudah diolah menjadi bentuk jeli cairan. dr Zaidul Akbar merekomendasikan untuk mengonsumsi air racikan gamat ini sebanyak 2 kali sehari, pada pagi hari sebelum makan dan malam menjelang tidur.

Yuk simak cara membuatnya: air hangat segelas, gamat cair 1 sdt, garam himalaya sejumput, dan madu 1 sdm. Masukkan seluruh bahan ke gelas air hangat lalu aduk rata dan bisa langsung diminum.

BACA JUGA:DPK Provinsi Bengkulu Gelar Sosialisasi untuk Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan

BACA JUGA:Pengamen Jalanan di Simpang 5 Kota Bengkulu Nekat Maling 3 HP, Ngaku untuk Beli Miras

2. Air Rendaman Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berfungsi membantu melawan kerusakan oksidatif yang diyakini sebagai penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit.


--(Sumber Foto: web/istockphoto)

Kunyit dapat dibuat menjadi minuman herbal dengan cara merendamnya di dalam air hangat selama bebearapa jam seperti infused water.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Dorong Aksi Penyelamatan Pesisir dari Perubahan Iklim

BACA JUGA:PLN UID S2JB Serahkan Bantuan Rp125 Juta Untuk Desa Berdaya di Bengkulu Utara

dr Zaidul Akbar mengatakan, jika racikan ini bisa bantu mengatasi gerd, kolesterol, asam urat, hingga mengurangi risiko kanker.

Cara membuatnya sendiri cukup mudah, yuk simak.

1 ruas kunyit dan air hangat segelas. Kupas kunyit dan potong-potong kecil. Masukkan ke dalam segelas air hangat dan biarkan kunyit terendam selama 6 jam. Setelahnya, air rendaman rimpang ini dapat diminum sehari sekali, baik sebelum atau sesudah makan.

Kategori :