Pohon Cemara Rawan Tumbang di Pantai Panjang Dilakukan Penebangan

Sabtu 03-08-2024,12:11 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Beberapa pohon cemara di kawasan Pantai Panjang yang dianggap rawan tumbang dilakukan penebangan oleh BPBD Provinsi Bengkulu bersama instansi lainnya. 

Hal ini, setelah terjadi musibah warga Jalan Barito, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Heri Junadi (51) meninggal dunia akibat ditimpa pohon di kawasan Pantai Panjang saat melintas sore pukul 16.27 WIB pada Jumat 2 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kecelakaan di Jalan Irian Kota Bengkulu: 1 Korban Meninggal Dunia, 1 Lainnya Luka Serius

Angin kencang sejak 2 hari terakhir di Kota Bengkulu telah menyebabkan beberapa peristiwa pohon tumbang di kawasan Pantai Panjang, yakni kejadian pertama di depan Sport Center dan kedua di jalan Pariwisata tepatnya di depan Hotel Marina.

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar mengatakan, Pemprov Bengkulu telah mengambil langkah antisipasi untuk mencegah kejadian serupa. Langkah-langkah ini mencakup koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Polres, Korem, Kodim, BKSDA, dan BPBD.

BACA JUGA:Gugur Saat Menjalankan Tugas, Ini Profil Anggota Polres Seluma Bripda Sony Bintang Alfalah

"Kami telah mendata dan menandai pohon-pohon yang kritis di sepanjang Jalan Pariwisata yang perlu segera ditebang demi keselamatan pengunjung dan masyarakat setempat," ujar Khairil Anwar, Sabtu 3 Agustus 2024.

BACA JUGA:246 Jamkesda Terindikasi Tidak Valid, Dinkes Kaur Lakukan Validasi Data Pengguna

Pemprov Bengkulu bersama dengan instansi terkait akan terus melakukan upaya-upaya penanganan dan pencegahan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan di area wisata Pantai Panjang. Termasuk penebangan pohon-pohon yang kritis dan perbaikan fasilitas umum yang mungkin terdampak oleh kejadian tersebut.

Pemprov Bengkulu berkomitmen untuk terus melakukan langkah-langkah proaktif dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan masyarakat serta wisatawan di Pantai Panjang.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Nelayan Kaur Diimbau Waspada Angin Kencang dan Ombak Tinggi

"Kami berharap kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua untuk lebih waspada dan siap dalam menghadapi segala kemungkinan di masa depan," tambah Khairil Anwar.

Ditambah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Murlin mengatakan, pasca kejadian pohon tumbang yang menimpa warga, pihaknya bersama instansi terkait lainnya langsung melakukan evakuasi. 

BACA JUGA:Diduga Putus Cinta, Pelajar di Seluma Akhiri Hidup dengan Seutas Tali

Selain itu, petugas juga melakukan penebangan pohon cemara yang sudah kritis atau rawan tumbang.

Kategori :