Dukung Pelestarian Lingkungan dan Pariwisata, Pemkot Bengkulu Tanam 1.000 Bibit Pohon Kelapa

Senin 12-08-2024,16:37 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, Pemerintah Kota Bengkulu melakukan penanaman 1.000 bibit pohon kelapa di kawasan Pantai Jakat. 

Kegiatan ini bertujuan untuk merayakan momen bersejarah sekaligus memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan sektor pariwisata.

Dengan kegiatan ini, Pemerintah Kota Bengkulu berharap dapat memperkuat sektor pariwisata dan UMKM, serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian lingkungan dan budaya lokal.

BACA JUGA:H-15 Jelang Pendaftaran, PDI-P Belum Berikan Rekom untuk Bacakada Seluma

Penjabat Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, menyampaikan bahwa penanaman pohon kelapa ini tidak hanya sebagai bentuk perayaan, tetapi juga untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kota Bengkulu. 

Bibit yang ditanam di pantai diharapkan dapat menghasilkan buah dalam beberapa tahun ke depan, yang dapat menarik minat wisatawan lokal maupun luar daerah.

BACA JUGA:Lampaui Target Nasional, Perekaman e-KTP di Kota Bengkulu Capai 99 Persen

"Mudahan-mudahan 3, 4 atau 5 tahun kedepan kita sudah bisa memetik kelapa di pantai Laut Biru ini. Pariwisata ini adalah salah satu andalan dan penyumbang PAD dari dinas pariwisata melalui kunjungan-kunjungan wisatawan. Maka dari kegiatan seperti ini akan lebih menarik minat pengunjung dan meningkatkan PAD Kota Bengkulu termausuk dari sektor restoran, hotel dan lainnya," kata Penjabat Walikota Bengkulu, Arif Gunadi.

BACA JUGA:Jampidum Setujui Penyelesaian 2 Perkara Berdasarkan Keadilan Restoratif di Kejari Seluma

Tambah Arif Gunadi, bahwa penanaman pohon kelapa juga berpotensi meningkatkan sektor UMKM di kawasan tersebut. 

"Dengan bertambahnya pengunjung yang datang ke pantai, diharapkan akan ada dampak positif bagi perekonomian lokal, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah yang berjualan di sekitar area wisata dan meningkatkan PAD di Kota Bengkulu," tambahnya.

BACA JUGA:Pilkada 2024, Jumlah DPS Bengkulu Utara Bertambah 1.346 Orang

Di sisi lain, Kadis Periwisata Kota Bengkulu Amrullah atau yang akrab dengan sapaan Amin Wendo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan penanaman bibit pohon kelapa ini dilaksanakan secara swadana dalam rangka menyambut HUT RI ke-79.

"Ini juga bentuk partisipasi dari Dinas Pariwisata bekerjasama dengan kelompok sadar wisata Laut Biru. Pohon kelapa ini ditanam 2-3 batang dalam 1 lobang. Maka nanti 4-5 tahun ke depan Insya Allah akan menjadi tanaman yang unik," sampai Amrullah. 

(Jalu)

Kategori :