Kebakaran Lahan 1,5 Hektar di Taba Penanjung Kota Bengkulu, Ini Penyebabnya

Kamis 29-08-2024,18:28 WIB
Reporter : Tri Imron
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Kebakaran lahan kebun karet milik warga seluas 1,5 hektar terjadi di sebelah jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, pada Kamis 29 Agustus 2024 sekira Pukul 13.40 WIB.

Diketahui lahan kebun karet tersebut milik Nirwan (60) warga Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan selebar Kota Bengkulu dan Yusarman (60) warga Kelurahan Gading Cempaka Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Membeludak! Ribuan Masyarakat Antarkan Paslon Erwin-Jonaidi Daftar ke KPU Seluma

Menurut keterangan saksi Sibrina Basri saat ditemui di lokasi kejadian mengatakan, api bersumber dari puntung rokok yang tidak sengaja ia buang ke rerumputan hingga melahap pepohonan yang ada di lahan tersebut. 

"Api itu kemungkinan dari puntung rokok yang saya buang ke rumput tadi. Waktu itu saya sedang bersih-bersih lahan tanpa sadar sebelum pulang sayang buang puntung rokok itu," ujar Sibrina Basri.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Bersama Kemendagri Gelar Finalisasi Asesmen PIMA dan MFSA

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu Yuliansya menjelaskan, setelah mendapat informasi dari masyarakat di sekitar, langsung menurunkan dua unit dan 30 personel damkar dan berhasil memadamkan api dalam kurun waktu 40 menit.

Namun Kepala Dinas Pemadam Kebakaran tersebut membantah penjelasan dari saksi di lokasi kejadian yang mengatakan api bersumber dari puntung rokok. 

BACA JUGA:Habib Muhammad Faris bin Abu Bakar Al-Jufri Menilai Paslon DISUKA Sosok yang Amanah

Ia mengatakan bahwa lahan memang sengaja dibakar, sebab terlihat di lokasi kejadian, api sangat besar dan adanya aktivitas menebas.

Maka dirinya mengimbau untuk masyarakat agar tidak dulu membakar rerumputan atau pun sampah di siang hari, sebab kondisi cuaca saat ini sedang panas.

BACA JUGA:Diusung 10 Partai, Paslon Rachmat-Tarmizi Resmi Daftar ke KPU Benteng

"Dari hasil pengamatan saya, kebakaran lahan ini kemungkinan tidak disebabkan dari puntung rokok. Melainkan memang sangaja di bakar, maka dari itu saya mengimbau untuk masyarakat agar tidak dulu membakar sampa di siang hari, karena cuaca saat ini sedang panas," tutupnya. 

Atas kejadian ini, tim Opsnal Polsek Selebar akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan tempat lokasi kejadian.

(Imron)

Kategori :