Mujarab! Ini 5 Manfaat Air Rebusan Kapulaga sebagai Obat Herbal, Ampuh Redakan Panas Dalam

Sabtu 31-08-2024,11:11 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Ada banyak sekali manfaat air rebusan Kapulaga sebagai obat herbal yang menjadi andalan bagi masyarakat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.  

BACA JUGA:Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kebun Karet Gegerkan Warga Bengkulu Utara

BACA JUGA:Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2024 di Kaur Capai 94 Persen

Kapulaga sendiri merupakan salah satu jenis rempah yang berasal dari biji beberapa tanaman dan termasuk ke dalam genera elettaria dan amomum atau masuk ke dalam keluarga jahe-jahean. 

Biasanya tanaman Kapulaga ini tumbuh secara liar di hutan yang memiliki curah hujan yang tinggi serta dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1,5 meter. 

Satu ini mengandung berbagai kandungan nutrisi yang tentunya adalah manfaat bagi kesehatan seperti minyak astiri, saponin, flavonoid, mangan, pati, protein, polifenol, lemak, dan juga silikat.

BACA JUGA:Waspadai 4 Efek Samping Konsumsi Kapulaga Berlebihan Ini Bagi Tubuhmu, Salah Satunya Dapat Sebabkan Batu Emped

BACA JUGA:Sudah 65 Pelamar Daftar CPNS di Bengkulu Utara, 2 Formasi Masih Nihil

Bukan hanya itu saja tanaman rempah yang satu ini juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, mangan, kalsium, magnesium, kalium, dan juga fosfor. 

Kapulaga memiliki nama Latin elettaria cardamomum dan memiliki rasa gurih serta sedikit manis sehingga sering digunakan sebagai penguat rasa dan juga aroma pada masakan. 

Namun selain itu Kapulaga juga seringkali digunakan sebagai salah satu bahan di dalam ramuan jamu atau obat-obatan herbal tradisional dan diolah dalam bentuk air rebusan. 

Lantas apa saja manfaat air rebusan Kapulaga untuk obat herbal ini? Simak informasinya yang telah BETV rangkum untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Nestapa Bos Rental Mobil di Kota Bengkulu Merugi Ratusan Juta

BACA JUGA:Seluma Dapat Bantuan 1 Unit Mesin Pengering Gabah

Manfaat Air Rebusan Kapulaga sebagai Obat Herbal

Kategori :