Waspada! Ini 5 Penyebab Penyakit Cacar Monyet yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Kontak Cairan Tubuh

Sabtu 31-08-2024,15:24 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Terdapat beberapa penyebab penyakit cacar monyet yang perlu kamu ketahui agar dapat mewaspadainya. 

BACA JUGA:Pemkot Imbau Masyarakat Kota Bengkulu Waspada Potensi Musibah Gempa Megathrust

BACA JUGA:Polres Seluma Siapkan 4 Personel untuk Kawal Bacalon Bupati-Wakil Bupati di Pilkada 2024

Cacar monyet atau monkeypox merupakan penyakit infeksi virus yang relatif jarang terjadi namun memiliki dampak yang signifikan jika tidak ditangani dengan tepat.

Saat ini kemunculan penyakit cacar monyet di Indonesia terjadi dalam beberapa kasus sehingga kamu perlu lebih waspada dan menghindari berbagai penyebab yang dapat membuatmu terjangkit penyakit yang satu ini. 

Meskipun penyakit ini tidak seterkenal cacar lainnya, cacar monyet tetap menjadi perhatian global terutama dengan meningkatnya mobilitas manusia dan perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi penyebarannya. 

BACA JUGA:Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Kacang Mete Bagi Janin dalam Kandungan

BACA JUGA:Lagi Marak Terjadi, Ini 5 Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Virus penyebab cacar monyet ini merupakan virus yang tergolong dalam keluarga virus orthopoxvirus yang mirip dengan virus cacar namun dapat memiliki manifestasi klinis yang berbeda.

Pemahaman tentang penyebab cacar monyet sangat penting untuk mengenali risiko, mencegah penularan, dan melindungi kesehatan individu dan masyarakat. 

Dengan mengetahui berbagai faktor yang dapat menyebabkan infeksi cacar monyet, maka kamu dapat mengetahui langkah-langkah pencegahan dan juga penanganan yang lebih efektif dapat diambil.

BACA JUGA:Lagi Marak Terjadi, Ini 5 Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

BACA JUGA:Cek 7 Manfaat Kacang Mete Bagi kecantikan, Salah Satunya Baik untuk Wajah dan Rambut

Penyakit ini biasanya sering kali dikaitkan dengan kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, tetapi juga dapat menyebar antar manusia melalui berbagai cara.

Perubahan lingkungan, urbanisasi yang pesat, dan juga pola hidup modern juga dapat mempengaruhi cara penyakit ini menyebar dan mempengaruhi berbagai komunitas. 

Kategori :