Beredar Penerima KIP Jadi Tim dan Relawan Cakada di Medsos, Ini Kata Bawaslu

Senin 09-09-2024,16:56 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menindaklanjuti pelibatan mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai tim dan relawan calon kepala daerah (Cakada) dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu 2024. 

"Bawaslu pasti akan menindaklanjuti jika ada laporan. Kami akan melakukan pendalaman terlebih dahulu untuk menentukan pelanggaran yang terjadi," kata Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah, pada Senin, 9 September 2024.

BACA JUGA:Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Seluma Diminta Serahkan Foto untuk Dipasang di Surat Suara

Faham Syah menambahkan bahwa Bawaslu akan memeriksa lebih lanjut pelanggaran yang terjadi dan keterkaitannya dengan penggunaan anggaran negara. 

Beredar di media sosial (Medsos), di mana penerima KIP Provinsi Bengkulu diduga memposting dukungan salah satu Cakada dalam Pilgub Bengkulu.

Beberapa postingan menampilkan foto dengan baliho bertuliskan "Relawan Dewi Coryati (RDC)" serta narasi dukungan untuk Dewi Coryati dan pasangan calon gubernur Helmi-Mian.

BACA JUGA:Pj Walikota Izinkan PPPK Ikuti Tes CPNS Tanpa Harus Mengundurkan Diri, Ini Syaratnya

"Berjuang bersama Hj. Dewi Coryati M.Si untuk pendidikan. Bersama Helmi-Mian bantu rakyat. Senang sekali menjadi bagian dari relawan Ibu Dewi Coryati untuk membangun Bengkulu, gubernurku Helmi-Mian," tulis salah satu akun di Medsos. 

Pantauan di medsos, lebih dari satu postingan dengan foto dan narasi serupa yang mendukung salah satu Cakada.

BACA JUGA:Antisipasi Gagal Panen, Dispertan Kaur Imbau Petani Tunda Tanam Padi di Musim Kemarau

"Bersama Srikandi Bengkulu memperjuangkan pendidikan dan membangun Bengkulu, Helmi-Mian gubernur baru dan wakil gubernur baru. #HelmiMianGubernurBaru #DewiCoryati #TerusBekerja #BangunBengkulu," lanjut postingan di Medsos.

BACA JUGA:Pedagang TPI Pulau Baai Bengkulu Dibacok Rekan Sendiri Gegara Timbangan

Sebagai informasi, KIP adalah program pemerintah pusat untuk mahasiswa dengan prestasi akademik baik namun mengalami keterbatasan finansial.

Di Bengkulu penerima KIP hampir disetiap kampus serta Provinsi Bengkulu. Beasiswa ini bersumber dari APBN.

(Ilham)

Kategori :