Lembaga Adat Melayu Riau Keluarkan Warkah Petuah Amanah Pilkada 2024

Senin 09-09-2024,18:29 WIB
Reporter : Tim Liputan
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau mengeluarkan warkah petuah amanah dalam rangka menyambut pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, Senin 9 September 2024.

Terdapat tujuh butir petuah amanah yang ditujukan kepada masyarakat, calon kepala daerah, penyelenggara Pilkada, penegak hukum, institusi dan pejabat publik. 

BACA JUGA:Pengerukan Alur Pelabuhan Pulau Baai Ditargetkan Selesai Tahun 2024, Ini Kata Gubernur

Warkah itu ditandatangani Ketua Umum (Ketum) Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Datuk Seri H. R. Marjohan Yusuf dan Ketum Dewan Pimpinan Harian (DPH) Datuk Seri H. Taufik Ikram Jamil. 

"Cukup panjang waktu menyusun warkah ini, melalui rapat berkali-kali sejak Juli lalu," ujar Datuk Seri Taufik. 

BACA JUGA:Manfaat Lain Teh Rosella yang Jarang Diketahui, Tidak Hanya Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Butir pertama berisi bahwa memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Bupati dan Wakil Bupati se-Riau, Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-Riau, juga memilih seoramg pemimpin yang merupakan sebuah ikhtiar untuk menentukan nasib negeri. 

Maka masyarakat Melayu khususnya dan masyarakat Riau pada umumnya, diingatkan agar dapat memperhatikan secara bijaksana calon yang akan dipilih. 

Meliputi kompetensi, integritas yang tinggi, dan berwawasan luas. 

"Yang dipilih haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mampu menemukan solusi atas permasalahan rakyat," sambung Datuk Seri Taufik. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Bengkulu, Resmikan Jalan Trans Enggano

Selain itu, dalam petuah amanah juga meminta untuk memilih kepala daerah yang berkata benar, berjalan pada yang lurus, shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. 

Tak kalah pentingnya yakni yang memahami kondisi Riau, baik dari sisi geografis, sosiologis, maupun dari aspek pemahaman terhadap kebudayaan Melayu, serta diterima oleh masyarakat Provinsi Riau.

Butir kedua, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Bupati dan Wakil Bupati se-Riau, Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-Riau, merupakan peristiwa yang sangat penting. 

BACA JUGA:7 Manfaat Sereh untuk Kecantikan, Dapat Mengurangi Minyak di Kulit

Kategori :