Aplikasi Selawe, Solusi Praktis Pengurusan Dokumen Kependudukan di Kota Bengkulu

Minggu 22-09-2024,11:01 WIB
Reporter : Ajeng
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terus mengembangkan aplikasi Selawe sebagai pilihan layanan bagi masyarakat, khususnya untuk pengurusan dokumen kependudukan. 

"Aplikasi Selawe tetap berjalan dan kami terus melayani pengajuan yang dilakukan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang sibuk untuk datang ke Dukcapil," ungkap Widodo, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Minggu 22 September 2024.

BACA JUGA:Akhir September Ini Bumi Akan Memiliki 2 Bulan, Begini Penjelasannya

Widodo menjelaskan, meskipun layanan ini berbasis online, masyarakat tetap harus mengambil dokumen secara langsung di kantor Dukcapil. 

"Dengan sistem online, kami memangkas waktu dan jarak. Jika sebelumnya masyarakat harus datang ke Dukcapil hingga tiga kali, kini dengan Selawe, mereka hanya perlu datang sekali untuk mengambil dokumen," lanjutnya.

BACA JUGA:7 Cara Atasi Diare pada Orang Dewasa, Makan Pisang Salah Satunya

Namun, tidak semua layanan dapat diajukan melalui aplikasi ini. 

"Beberapa dokumen, seperti KK, KTP, dan surat pindah data, memerlukan pemahaman langsung antara petugas dan masyarakat, sehingga tidak bisa diajukan secara online," tambah Widodo. 

BACA JUGA:1.068 Kordes di Kecamatan Sukaraja Siap Menangkan Erwin Octavian dan Jonaidi, SP

Widodo berharap kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan secara optimal, tanpa mengurangi kenyamanan masyarakat. "Inovasi harus membawa manfaat langsung bagi masyarakat," tutupnya. 

(Ajeng)

Kategori :