Pendukung Paslon Boleh Hadir di Debat Pilwakot Bengkulu, Diusulkan Maksimal 50 Orang

Kamis 17-10-2024,13:24 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Anggota Komisoner KPU Kota Bengkulu, Anggi Stephensent mengatakan bahwa simpatisan ataupun pendukung kelima  paslon Walikota dan Wakil Walikota diperbolehkan menghadiri acara debat yang akan digelar tiga kali pada tanggal 16 Oktober, 8 November, dan 16 November 2024 di Kota Bengkulu. 

Akan tetapi, jumlah simpatisan yang dapat hadir tersebut akan dibatasi jumlahnya mengingat kapasitas atau daya tampung  dari lokasi acara debat yang terbatas. 

BACA JUGA:Sukatno Sambangi Nelayan Pemilik Kapal Terdampak Ombak Besar

Dalam rapat KPU bersama pihak LO masing-masing paslon Walikota mengusulkan maksimal 50 orang simpatisan yang diperbolehkan hadir saat debat berlangsung nantinya.

"Sekali lagi kami masih menunggu ya dari laporan penyelenggara dalam hal ini adalah EO, kita harus menyesuaikan kapasitas ruangan hotel itu berapa," jelasnya.

BACA JUGA:Plt Bupati Lebong Laporkan Eks Pj Sekda ke Polda Bengkulu

Setelah itu, jumlah tersebut akan dibagi rata dengan simpatisan masing-masing paslon Walikota.

"Lalu juga kan ada FKPD ada KPU dan Bawaslu semuanya masih dihitung, tapi kalau dari rapat dengan LO masing-masing paslon memberi masukan maksimal 50 orang. Tapi sekali lagi baru masukan ya belum finalisasinya. Kami masih menunggu laporan progeres dari penyelenggara atau EO," kata Anggi Stephensent Kamis 17 Oktober 2024.

BACA JUGA:Cagub Nomor Urut 2 Dituduh Lakukan Politik Uang, Sumardi: Rohidin Suka Borong Jualan, Tidak Ada Ajakan Memilih

KPU Kota Bengkulu akan berkordinasi terlebih dahulu dengan pelaksana kegiatan atau even organizer untuk mengetahui kapasitas ruangan pada acara debat paslon Pilwakot Bengkulu 2024.

Untuk itu, setelah diketahui kapasitas ruangan, maka dapat ditentukan berapa orang simpatisan yang dapat hadir pada acara debat tersebut.

"Sejatinya KPU ini ingin melaksanakan debat ini sama momentumnya. Kampanye itu kan pesta ya pasti ramai ya. Tapi sekali lagi kami minta masukan juga dari EO dari pihak keamanan karena memang kita harus menyesuaikan dengan lokasi hotel termasuk hotelnya juga. Kami masih menunggu progresnya dari EO yang kami tunjuk," tambah Anggi.

BACA JUGA:Tim Hukum Romer Beri Penjelasan soal Rekaman Suara Cagub Rohidin Mersyah yang Beredar di Medsos

Sementara itu, 3 tema debat yang menjadi fokus utama dalam tiga sesi debat nantinya yakni debat perdana akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2024, bertema tata kelola pemerintahan yang baik menuju pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Kemudian debat kedua akan dilaksanakan pada tanggal 8 November 2024, dengan mengusung tema, kebudayaan, pariwisata, religius, dan kearifan lokal dalam rangka mempertahankan NKRI.

Kategori :