Dibalik Manfaatnya, Kenali 6 Efek Samping Buah Markisa yang Perlu Diwaspadai Tubuh

Selasa 22-10-2024,14:45 WIB
Reporter : Rizki Indah
Editor : Ria Sofyan

Nah, berikut adalah ulasan mengenai efek samping atau bahaya mengonsumsi buah markisa terlalu berlebihan. Yuk simak apa saja.

BACA JUGA:Mengembalikan Kesehatan Mata, Ini 5 Jenis Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi Secara RutinBACA JUGA:5 Perbedaan Retinol dan Retinoid, Punya Tingkat Efektivitas Berbeda!

Efek Samping Buah Markisa Bagi Tubuh

1. Menyebabkan Alergi Akut

Bahaya mengonsumsi buah markisa berlebih dapat menyebabkan alergi akut. Alergi akut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya karena sudah ada riwayat alergi atau karena kandungan yang ada di dalam amrkisa.

Meskipun jarang terjadi, namun segelintir orang mungkin dapat mengalami alergi seperti gatal, ruam kemerahan, hingga bengkak jika terlalu banyak mengonsumi buah markisa.

BACA JUGA:GMNI Hukum UNIB Audiensi Bersama Dekan, Perkuat Sinergi Antara Mahasiswa dan Fakultas

BACA JUGA:Punya Bahaya Tersembunyi, Kenali 7 Jenis Makanan yang Dapat Merusak Kesehatan Mata

2. Menimbulkan masalah pencernaan

Walaupun buah markisa mengandung banyak serat, tetap saja mampu menimbulkan efek samping jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Mengonsumsi makanan kaya serat seperti markisa dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan. Sebagian orang mungkin akan mengalami diare saat mengonsumsi buah markisa dengan jumlah yang banyak. Apalagi mereka yang memiliki sistem pencernaan sensitif, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah markisa secukupnya dan dengarkan respon yang ditimbulkan oleh tubuh Anda.


--

BACA JUGA:Pentingnya Perawatan Mata di Usia Dini, Yuk Ikuti 5 Langkah Penting Ini

BACA JUGA:5 Rekomendasi Produk Retinol Terbaik, Ampuh Atasi Ragam Masalah Kulit!

3. Bereaksi terhadap obat-obatan

Buah markisa ternyata dapat bereaksi terhadap obat-obatan. Buah markisa mengandung senyawa tertentu yang dapat berinteraksi dengan obat tertentu, berpotensi memengaruhi keefektifannya atau meningkatkan risiko efek samping.

Kategori :