BBM Mahal, Berikut Rekomendasi Mobil Hemat Bahan Bakar

BBM Mahal, Berikut Rekomendasi Mobil Hemat Bahan Bakar

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS - Mobil sering disamakan dengan rumah kedua bagi sebagian orang. Sebelum membeli mobil baru, selain aspek keamanan dan kenyamanan, aspek konsumsi bahan bakar juga harus diperhatikan. Salah satu penyebab pemborosan bahan bakar adalah penggunaan bahan bakar yang kualitasnya lebih rendah dari standar pabrik.

Kenaikan harga bahan bakar akhir-akhir ini menjadi salah satu alasan banyak orang mencari informasi tentang mobil hemat bahan bakar. Hal tersebut membuat permintaan masyarakat akan kendaraan hemat bahan bakar semakin meningkat.

BACA JUGA:Tiba di Bengkulu, Ini Agenda Ashanty dan Keluarga di Rejang Lebong

Namun memilih mobil irit tidaklah mudah. Selain itu, sebagian besar mobil masa kini dilengkapi dengan teknologi canggih dan mesin cerdas. Teknologi pada mobil modern membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat.

Agar dapat dijadikan pilihan, berikut rekomendasi mobil hemat bahan bakar dengan harga terjangkau yang tersedia di Indonesia.

 BACA JUGA:LSM Cahaya Perempuan Sambangi Pemkab Kepahiang, Laporkan Dugaan Tindakan Asusila di Pondok Pesantren

1. Daihatsu Xenia

Mobil keluarga satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Mobil ini dilengkapi mesin 2NR-VE 1.5 liter dengan teknologi dual VVT-i untuk meningkatkan keiritan. Daihatsu Xenia capai 10-13 km/L bensin. Artinya, mobil bisa berkendara sejauh 10-13 km dengan 1 liter bensin. Tak heran jika Daihatsu Xenia begitu irit bahan bakar dan cocok untuk perjalanan jauh bersama keluarga.

2. Toyota Avanza

Toyota Avanza tidak hanya serbaguna, tetapi juga irit. Pesaing tangguh Daihatsu Xenia pun tidak mau lebih irit dari pesaingnya. Konsumsi bensin Toyota Avanza sekitar 12,5km/L.

Alasan mengapa Toyota Avanza ini irit bahan bakar adalah perpindahan mesinnya yang tidak terlalu besar. Belum lagi hadirnya teknologi tambahan VVT-i untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

3. Honda Brio

Salah satu mobil  favorit keluarga Indonesia, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 20-30,1 km/l saat dikendarai di jalan tol maupun di jalan biasa Tak berlebihan jika Honda Brio disebut-sebut sebagai mobil paling hemat bahan bakar di kelasnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari mesin 1.199 cc, 4 silinder, SOHC, 16 katup, VTEC, drive-by-wire. Mesin tersebut mengembangkan 88 tenaga hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm.

BACA JUGA:Hapus Data Sipol, Puluhan Warga Datangi KPU

4. SUZUKI ERTIGA

Suzuki Ertiga adalah generasi penerus mobil hemat bahan bakar. Suzuki menawarkan mesin 4-silinder, DOHC, 1.462cc dengan VVT untuk penghematan bahan bakar yang lebih baik. Konsumsi bensin Suzuki Ertiga mencapai 23 km/l. Konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit jika  menggunakan ECO drive dengan 30km/L.

5. Toyota Agya

Ciri utama mobil ekonomi adalah bodinya yang kecil atau mini body. Toyota Agya yang mungil dibekali dengan teknologi Dual VVT-i. Selain itu, kendaraan hemat bahan bakar ini juga dilengkapi dengan ECO drive yang sangat efisien dan hemat bahan bakar.

Merupakan mobil yang sesuai dengan julukan Cabe rawit. Efisiensi bahan bakar Toyota AGYA mencapai 19,5 km per liter, menjadikannya salah satu mobil hemat bahan bakar yang sayang untuk dilewatkan.

6. Nissan Kicks E-Power

Konsumsi bahan bakar Nissan Kicks E-Power diklaim mampu mencapai 23 km/liter pada varian 2 wheel drive. Sementara varian 4 wheel drive hanya 19,2 km/liter.

Sayangnya mobil pabrikan Jepang ini masih cukup langka di Indonesia. Pastikan suku cadangnya mudah ditemukan jika tertarik membeli Nissan Kicks-E-Power.

 BACA JUGA:Ini Syarat Khusus untuk Mendaftar P3K Kesehatan

7. Honda Civic

Honda Civic memiliki perpindahan 1.498 cc, 4 silinder, tenaga turbo 173 hp dan torsi 220 Nm. Dari segi konsumsi bahan bakar, Honda Civic mampu menempuh jarak 17 km dengan 1 liter bensin. Mobil tersebut tidak hanya irit, tetapi juga memiliki kecepatan yang sangat baik hingga 200 km/jam.

8. Suzuki Ignis

Mobil hemat bahan bakar lain yang diproduksi oleh pembuat mobil terkenal Jepang Suzuki. Suzuki Ignis ditenagai mesin berkapasitas 1.197 cc dengan pilihan transmisi manual dan otomatis 5 percepatan. Dalam hal konsumsi bahan bakar, SUV fenomenal ini disertifikasi dengan konsumsi bahan bakar hingga 23 km/l. Konsumsi bahan bakar pun lebih irit dengan transmisi manual.

9. Honda Mobilio

Mobil Low MPV ini digemari konsumen Indonesia lantaran mempunyai konsumsi bensin yg ekonomis. Berbekal mesin 1.500 cc menggunakan teknologi i-VTEC, konsumsi bensin Honda Mobilio sanggup mencapai 17 km/liter. Penggunaan bahan bakar yg ekonomis membuatnya sering difungsikan menjadi armada taksi. OtoFriends bahkan sanggup memakai 1 liter bensin buat menempuh jeda sejauh 22,8-28 km menggunakan mode ECO driving.

BACA JUGA:Kuli Bangunan Ditemukan Meninggal Dalam Keadaan Terikat Seutas Tali

10. Datsun GO

Datsun GO yg termasuk pada segmen Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas 1.200 cc ini mempunyai konsumsi bahan bakar yg ekonomis berkat kombinasi mesin, girboks & bobot bodi yg ringan. Mobil hatchback ini sangat ekonomis lantaran sanggup melaju sampai 23,lima km menggunakan 1 liter bensin saja. Angka tadi mengakibatkan Datsun GO sebagai pilihan kendaraan beroda empat ekonomis bensin pada kelasnya.

11. Daihatsu Ayla

Kembaran Toyota Agya ini jua turut sebagai galat satu kendaraan beroda empat ekonomis bensin. Daihatsu Ayla dilengkapi menggunakan mesin berkapasitas 998 cc yg bisa menaruh energi maksimal. Angka konsumsi kendaraan beroda empat LCGC berdasarkan Daihatsu sanggup mencapai 18-20 km/liter bergantung dalam syarat jalan yg dilalui. Tipe terkini Daihatsu Ayla telah dibekali menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc yg dilengkapi teknologi Dual VVT-i.

12. KIA Picanto

Salah satu jenis city car berdari Korea Selatan ini jua dikenal menjadi kendaraan beroda empat ekonomis bensin menggunakan kapasitas 1200 cc. KIA Picanto telah dilengkapi menggunakan mesin & transmisi yg canggih, sebagai akibatnya bisa menghemat konsumsi bensin lebih optimal. Berbekal mesin 1.200 MPI, KIA Picanto bisa menghadirkan energi 87 ps/6.000 rpm & mempunyai torsi zenit 120 Nm dalam 4.000 rpm. Adapun buat nomor konsumsi bensin KIA Picanto sebanyak 19 km per liter.

BACA JUGA:Ini Perjalanan Ashanty di Tanah Sehasen

13. Toyota Corolla Cross Hybrid

Mobil ekonomis bensin yg terakhir yaitu Corolla Cross Hybrid yg diproduksi Toyota. Toyota Corolla Cross Hybrid dibekali mesin bensin konvensional 2ZR-FXE THS II 4-silinder segaris 16 Valve DOHC chain drive with VVT-i menggunakan kubikasi 1.798 cc. Hasil pengujian bahan bakar kendaraan beroda empat ini mencatatkan nomor sampai 23,7 km/liter. Angka tadi pastinya pertanda bahwa kendaraan beroda empat ini layak dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: