Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Siaga Pantau Kebutuhan BBM 24 Jam

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Siaga Pantau Kebutuhan BBM 24 Jam

Pertamina siap siaga, pantau kebutuhan BBM jelang libur Natal dan Tahun Baru. --(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS- Pertamina memantau permintaan BBM 24 jam sehari, guna mengantisipasi lonjakan permintaan BBM kendaraan di akhir tahun. Selain itu, ribuan SPBU juga akan bersiaga selama libur Natal dan tahun baru. 

Hal itu diungkapkan Pertamina guna memberi dukungan dalam menghadapi pergerakan jutaan pemudik yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru 2023.

BACA JUGA:Ini Deretan Nama Bakal Calon DPD RI Bengkulu

Untuk itu, Satgas Nataru Pertamina melibatkan semua lini operasional perusahaan guna memastikan energi yang digunakan masyarakat tetap aman dan tercukupi.

Menurut data Kementerian Perhubungan tahun 2022, potensi pergerakan masyarakat pada libur Natal dan Tahun Baru 2022 diperkirakan mencapai 44,17 juta orang.

Dalam mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan BBM kendaraan selama libur Nataru, Pertamina telah menyiapkan ribuan SPBU di seluruh tanah air.

BACA JUGA:Asyik! Pemerintah Resmi Meniadakan Pembatasan Perayaan Natal dan Tahun Baru

Erry Widiastono Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur liburan Nataru Pertamina, meliputi 114 Terminal BBM, 23 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 Agen LPG, dan 68 DPPU.

“Kami juga sudah bermitra dengan Tim Holding-Subholding Pertamina serta instansi terkait seperti Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, BPH Migas, Polri, Jasa Marga, TNI dan PT Telkom Indonesia guna mengantisipasi lonjakan mobilitas saat libur Nataru," jelas Erry.

Selain itu, pemasok BBM terbesar di Tanah Air itu juga melakukan pemantauan melalui Integrated Enterprise Data and Command Center (IEDCC). IEDCC merupakan pusat informasi distribusi energi dari hulu, kilang, perkapalan, terminal BBM hingga SPBU.

BACA JUGA:Akhir Tahun, Ini Tips Biar Liburanmu Makin Nyaman dan Tetap Hemat

Melalui Command Center ini, CCTV di SPBU dan stok kritis di SPBU dapat dipantau serta menjadi prioritas utama untuk pengiriman BBM.

Erry juga menjelaskan dengan melakukan pemantauan secara digital dan petugas akan siaga selama 24 jam, diharapkan mampu mengantisipasi pergerakan konsumsi energi di setiap wilayah nusantara.

Tidak hanya itu, Pertamina juga memberikan pelayanan energi pendukung pada jalur-jalur potensial antara lain jalan tol, jalur wisata, dan jalur lalu lintas utama. Yakni berupa SPBU Siaga, Agen dan Outlet Elpiji Siaga, Kios Pertamina Siaga, Pengendara Motor, Mobil Tangki Siaga , dan fasilitas kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id