Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Kehidupan Masyarakat

Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Kehidupan Masyarakat

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Mamek/BETV)

Masyarakat semakin sulit melepaskan diri dari kecanggihan teknologi. Hal ini akan terus berlangsung dalam waktu lama dan membawa masyarakat kian ketergantungan pada pemanfaatan teknologi.

BACA JUGA:Berbasis Android, Dukcapil Bakal Luncurkan Identitas Kependudukan Digital

Menciptakan kolonialisme

Kolonialisasi yang dimaksud bukan mengenai taktik imperialisme dalam penaklukan negara lain melalui akuisisi tanah dan wilayah, melainkan berupa penjajahan melalui arus informasi dan teknologi.

Berbicara mengenai teknologi komunikasi, pasti tidak luput dari istilah digital natives dan digital immigrant yang sama-sama merupakan pengaruh dari teknologi.

Digital natives sendiri merupakan orang-orang atau generasi yang sejak lahir sudah bersama digital. Berbeda dengan digital natives, digital immigrant merupakan orang-orang atau generasi yang tumbuh tidak bersama teknologi digital, tetapi baru mengenal kemudian, dengan ”terpaksa” harus mengikuti perkembangan teknologi digital, atau bermigrasi ke kultur digital. 

BACA JUGA:Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2022, Polres Mukomuko Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Dampak digital natives sendiri bisa kita lihat anak-anak era sekarang, dimana balita yang masih berusia kurang lebih 2 tahun sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan handphone.

Apabila tidak diberikan handphone, anak akan bertingkah yang tidak baik seperti menangis terus menerus bahkan merusak barang-barang didekatnya. Kemudian dengan terpaksa, orang tua harus memberikan handphone tersebut agar bisa tenang.

Hal ini juga dikarenakan orangtua yang telah mengenalkan teknologi tersebut, walaupun orang tua tahu akan efek untuk kesehatan anak saat diberikan handphone lebih dari 1 sampai 2 jam setiap hari.

BACA JUGA:Lengkap! Ini Syarat dan Cara Daftar PPPK Tenaga Teknis 2022

Sementara itu, pengaruh digital immigrant sendiri bisa dilihat pada orang tua yang baru mengenal teknologi. Orang-orang terpaksa mengikuti perkembangan, karena jika tidak, akan berdampak pula pada semua aktivitasnya.

Saat ini semuanya telah beralih ke digital, contohnya saja guru-guru. Semua kegiatan mereka sudah beralih ke digital, jika tidak mengikuti perkembangannya maka guru-guru akan kesulitan dalam mengajar.

BACA JUGA:Hari Ibu dan Sejarahnya di Indonesia

Perkembangan teknologi memiliki dampak yang menguntungkan dan juga merugikan bagi masyarakat. Tentu saja semua bergantung pada masyarakat dalam menggunakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: