Unik dan Beragam, Ini Beberapa Tradisi Perayaan Natal di Indonesia

Unik dan Beragam, Ini Beberapa Tradisi Perayaan Natal di Indonesia

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS- Perayaan Natal adalah salah satu momen yang dinantikan oleh umat Kristiani. Biasanya, momen ini digunakan untuk berkumpul dengan keluarga dan merayakan malam Natal bersama.

Tradisi merayakan natal yang diadakan setiap tanggal 25 Desember ini sebenarnya tidak hanya sebatas menghias pohon natal saja, tetapi juga diisi dengan kegiatan-kegiatan yang unik dan menyenangkan.

BACA JUGA:Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Hari Ini Bertemu Kamboja

Beberapa daerah di Indonesia juga memiliki tradisi unik saat merayakan malam Natal. Hal ini terjadi karena setiap daerah akan memiliki kearifan lokalnya masing-masing. Mereka menjaga tradisi tetap menarik dan sesuai dengan semangat lokal.

Berikut beberapa tradisi perayaan Natal dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:Pria di Bengkulu Sebar Foto Setengah Telanjang Seorang Wanita

1. Pertunjukan wayang kulit di Yogyakarta

Ketika Natal tiba, masyarakat Yogyakarta akan menggelar pertunjukan wayang kulit teatrikal mengenai kelahiran Yesus.

Salah satu keunikannya, ketika pertunjukan para pendeta yang memimpin ibadah akan memakai kostum khas Yogyakarta, yaitu blangkon dan beskap.

2. Rabo-Rabo di Jakarta

Rabo-rabo adalah sebuah tradisi Natal yang dilakukan oleh masyarakat Kamping Tugu, kawasan tempat tinggal warga Indonesia keturunan Portugis di daerah Jakarta Utara.

Setelah misa, umat Kristiani di Kampung Tugu kemudian mengunjungi kuburan di sebelah gereja lokal mereka dan memulai tradisi rabo-rabo.

Tradisi rabo-rabo diisi dengan kegiatan bermain musik keroncong dan menari bersama mengelilingi kawasan desa. Puncak dari tradisi rabo-rabo adalah acara mandi-mandi. Orang-orang akan berkumpul di rumah kerabat dan saling menggambar wajah menggunakan bedak putih.

Kegiatan ini melambangkan penebusan dosa dan pengampunan untuk memulai tahun baru yang bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: