Desa Ini Tidak Cairkan DD Tahap 3, Ini Sebab dan Akibatnya

Desa Ini Tidak Cairkan DD Tahap 3, Ini Sebab dan Akibatnya

Haryanto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Mukomuko saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 2 Januari 2023.--(Sumber Foto: Jemiand/Betv).

MUKOMUKO, BETVNEWS - Hingga penutupan akhir tahun 2022, terdapat satu Desa di Kabupaten Mukomuko yang tidak melakukan proses pencarian Dana Desa (DD) tahap 3.

Desa tersebut adalah Sumber Makmur, hal ini dikarenakan Pemerintah Desa tidak mampu merealisasikan DD tahap kedua, sehingga berdampak pada laporan dan tidak dapat melakukan proses pencarian tahap 3.

BACA JUGA:Pasca Jalani Operasi, 2 Tangan Wabup Kaur Diperban, Begini Kondisi Terakhirnya

Masih untung Pemerintah Desa Sumber Makmur dapat mencairkan Anggaran Dana Desa (ADD), sehingga bisa membayar honor untuk perangkat desa dan keperluan lainnya.

Menurut Harianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mukomuko, pihaknya sudah berupaya untuk membantu proses pencarian DD tahap 3 Desa Sumber Makmur.

BACA JUGA:Harga Rokok Resmi Naik, Siap-siap Kantong Terkuras

Namun lantaran Kepala Desa dan perangkatnya kurang aktif dan gencar, menjadi salah satu penyebab tidak dapat dilakukan pencarian DD tahap 3.

"Sudah kita upayakan untuk melakukan proses pencarian DD tahap 3, namun Kepala Desa dan perangkatnya tidak bergerak cepat," ungkap Haryanto, Senin 2 Juli 2023.

BACA JUGA:Disinggung Soal Semifinal, Shin Tae-yong Lebih Fokus ke Pertandingan Kontra Filipina Malam Ini

Akibatnya, salah satu program ketahanan pangan senilai Rp160 juta yang telah direncanakan, akhirnya batal dilakukan.

"Imbasnya tentu banyak, termasuk batalnya melaksanakan program ketahanan pangan di Desa tersebut," tambahnya.

BACA JUGA:Mau Pipi Tirus, Ini Tips Menghilangkan Lemak di Wajah

Belum lagi pada tahun 2023 ini, DD di Desa Sumber Makmur kemungkinan besar akan berkurang, akibat dari tidak cairnya DD tahap 3.

Agar hal ini tidak terulang kembali di 2023, Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas PMD meminta agar Kepala Desa dan perangkatnya pro aktif untuk memproses DD dan ADD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: