Mainan Viral Lato-lato Dilarang Dibawa ke Sekolah, Ini Alasannya

Mainan Viral Lato-lato Dilarang Dibawa ke Sekolah, Ini Alasannya

Lato-lato, mainan yang sedang viral saat ini.--(Sumber Foto: shopee.co.id)

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, melarang siswa membawa mainan lato-lato yang sedang viral ke sekolah.

Larangan membawa mainan lato-lato ke sekolah disampaikan melalui surat edaran bernomor 420/13/IV.01/2023.

BACA JUGA:BBM Terkontaminasi Air, Segini Harga Kuras Tangki Bensin Mobil

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Barat Edwin Kastolani Burta mengatakan, pelarangan itu dimaksudkan agar siswa fokus belajar.

“Jadi tujuan kami agar para siswa ini fokus mengikuti kegiatan belajar mengajar. Karena yang saya amati saat berkunjung beberapa hari yang lalu, para siswa ini asyik bermain lato-lato di lingkungan sekolah dan ini kami anggap mengganggu," ujar Edwin seperti dikutip dari detikcom, Rabu 4 Januari 2023.

BACA JUGA:Curi Dompet Berisi Handphone dan Uang, Warga Seginim Dibekuk Polisi

Selain khawatir lato-lato dapat mengganggu fokus belajar, mainan tersebut tidak diperbolehkan dibawa ke sekolah lantaran khawatir mainan lato-lato akan digunakan siswa sebagai senjata untuk berkelahi.

“Kami tidak melarang anak bermain lato-lato, namun yang kami larang adalah lato-lato dibawa ke lingkungan sekolah saat kegiatan sekolah berlangsung. Kami juga menghindari jika terjadi keributan di kalangan siswa, maka kami larang untuk dimainkan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Edwin berharap masyarakat khususnya para orang tua dapat memahami maksud dari pelarangan ini.

(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: