Pemprov Bengkulu Terima Penghargaan Universal Health Coverage 2023

Pemprov Bengkulu Terima Penghargaan Universal Health Coverage 2023

Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu menjadi salah satu dari 21 Provinsi yang menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023.--(Sumber Foto: BPMI Setwapres)

BETVNEWS - Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu menjadi salah satu dari 21 Provinsi yang menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023.

Penghargaan itu diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri.

Selain itu Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa 14 Maret 2023. 


Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu menjadi salah satu dari 21 Provinsi yang menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023.--(Sumber Foto: BPMI Setwapres)

Wakil Presiden Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia. 

Terhitung sejak Maret 2023, sebanyak 1.973.706 jiwa penduduk di Provinsi Bengkulu terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 2.047.110 jiwa atau sebesar 96.41%.

Hampir seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, secara langsung menerima penghargaan tersebut dan mengungkapkan rasa bangganya.

Tak lupa ucapan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu dan BPJS Kesehatan Cabang Curup atas kerja keras dan kerja samanya dalam Program JKN.

“Dengan telah tercapainya UHC di Provinsi Bengkulu maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Provinsi Bengkulu tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS,” ujar Gubernur Bengkulu.

Pemprov Bengkulu mendorong agar tidak ada lagi masyarakat Bengkulu yang tidak mempunyai kartu BPJS, atau permasalahan lain seperti BPJS mati. 

Gubernur Rohidin juga meminta agar BPJS dapat 100 persen melayani masyarakat yang membutuhkan.


Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, menerima penghargaan UHC Awards 2023 dari Wapres Maaruf Amin.--(Sumber Foto: BPMI Setwapres)

Disisi lain, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh penduduk di masing-masing wilayah dapat diintegrasikan dengan Program JKN-KIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: