Panen Perdana 10.000 Ikan Lele

Panen Perdana 10.000 Ikan Lele

Pelaksanaan panen perdana Ikan lele di Desa Pulo Geto Baru, Senin 20 Maret 2023.--(Sumber Foto: Hendri/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Desa Pulo Geto Baru Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang, melaksanakan kegiatan panen perdana ikan lele, dimana sebelumnya telah dilepaskan di lahan seluas 1 hektar sebagai program ketahanan pangan 2022 yang lalu.

Program ini sendiri menggunakan Dana Desa (DD), yang memang mengatur untuk menyisihkan sebesar 20 persen untuk pelaksanaan program ketahanan pangan.

BACA JUGA:Ini Daftar Harga di Bazar Murah Pemkot Bengkulu

Sehingga hal tersebut direalisasikan dengan melaksanakan budidaya ikan lele dan ikan nila, yang dilaksanakan di lahan seluas 1 hektar dan diharapkan bisa meningkatkan PAD maupun perekonomian masyarakat.

Dijelaskan Riska Amelia, Kepala Desa Pulo Geto Baru, bahwa dalam program ketahanan pangan tersebut, pihaknya telah menyebarkan sebanyak 10.000 bibit lele dan 5.0.000 benih ikan nila, sehingga jumlah keseluruhan benih ikan yang disebar sebanyak 60.000 ekor.

BACA JUGA:Pelaku Curat Ditangkap, Korbannya Tetangga Sendiri

"Ini merupakan panen perdana, dan yang baru dipanen adalah ikan lele. Untuk panen perdana ini kita bagikan kepada masyarakat, untuk bisa dikonsumsi bersama," sampai Riska Amelia, Senin 20 Maret 2023.

Lanjutnya, bahwa harapan dari program ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, serta pendapatan asli desa (PAD).

BACA JUGA:BSI Resmikan Masjid di Bakauheni, Perkuat Kontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi

"Sebagai bentuk peningkatan PAD, dari hasil budidaya ikan nantinya. Penglola dalam hal ini kelompok petani nantinya menyisikan 10 persen dari keuntungan yang didapat," tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Kepahiang, dengan diwakili oleh Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Polres Kepahiang, Kejari Kepahiang, Dinas PMD, Pemerintah Kecamatan, dan masyarakat.

BACA JUGA:Jokowi Beri Sinyal Gaji PNS Bisa Naik Tiga Kali Lipat, Begini Skenarionya

Rukis Manto Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, berharap kegiatan seperti ini dapat ditiru oleh Desa-Desa lain, dan pihaknya akan siap melajukan pembinan dan memberikan dukungan bagi Desa.

"Meski berbagai kesulitan seperti pakan ikan menjadi kendala, kami Pemkab Kepahiang akan selalu siap membantu dan mendukung program-program desa," tegasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: