Jabat PPK di Kepahiang, Lulus 20 Besar Seleksi Calon Anggota KPU Bengkulu Tengah, Kok Bisa?

Jabat PPK di Kepahiang, Lulus 20 Besar Seleksi Calon Anggota KPU Bengkulu Tengah, Kok Bisa?

Wanhar, Ketua Tim Seleksi Calon Komisioner KPU Kabupeten/Kota Wilayah 2 saat dimintai keterangan, Rabu 12 April 2023.--(Sumber Foto: Wachid/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Tengah, mendapatkan sorotan pasca adanya calon anggota yang lulus 20 besar namun ternyata menjabat sebagai anggota PPK di Kepahiang.

Padahal diketahui, bahwa salah satu syarat untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota KPU Kabupaten atau Kota, harus merupakan warga yang berdomisili di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Wakil Ketua KPK Selesai Diperiksa Dewan Pengawas, Begini Hasilnya

Nah inilah yang terjadi di Bengkulu Tengah, Yenedi Suanada salah satu calon anggota KPU yang dinyatakan lulus 20 besar, ternyata masih aktif sebagai anggota PPK di Kepahiang.

BACA JUGA:Cek Rekening! TPP dan THR ASN Pemprov Bengkulu Cair Hari Ini

Artinya bahwa yang bersangkutan berdomisili di Kabupaten Kepahiang, sehingga tidak dapat mendaftar calon anggota KPU Kabupaten Bengkulu Tengah.

Yang bersangkutan diketahui tercatat sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Kemumu, Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:Deretan Kontroversi Firli Bahuri, Bertemu Terduga Korupsi hingga Pecat Brigjen Endar

Disampaikan Wanhar, Ketua Tim Seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota wilayah 2, membenarkan hal tersebut.

Namun demikian, berdasarkan berkas pendaftaran yang disampaikan ke tim maupun di SIAKBA, bahwa yang bersangkutan berdomisili di Bengkulu Tengah.

BACA JUGA:Penuh Kontroversi hingga Diperiksa Dewan Pengawas KPK, Ini Profil Singkat Firli Bahuri

“Sehingga hal tersebut sama sekali tidak menyalahi aturan dan regulasi yang ada, landasam kita tetap berada pada berkas di SIAKBA, yaitu domisili Bengkulu Tengah,” ujar Wanhar, Rabu 12 April 2023.

Akan tetapi, hal tersebut nantinya akan tetap menjadi pertimbangan tim seleksi pada saat melakukan tes wawancara, yang jadwalnya pada 16 April - 19 April 2023.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: