Prediksi BMKG, Bahaya Sinar UV Ekstrem Serang Wilayah Berikut Hari Ini, Panas Terik!

Prediksi BMKG, Bahaya Sinar UV Ekstrem Serang Wilayah Berikut Hari Ini, Panas Terik!

Gambar Hanya Ilustrasi.--(Sumber Foto: shutterstock)

BETVNEWS -- Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) mengeluarkan peringatan terbaru Indeks Ultraviolet Sinar Matahari (UV) di wilayah RI, untuk prediksi besok, Jumat 28 April 2023.

 

Menurut BMKG, Indeks UV sangat tinggi dan ekstrem terjadi ketika intensitas radiasi matahari paling tinggi di siang hari, antara pukul 12:00 sampai 15:00 waktu setempat dan bergerak turun ke kategori rendah di sore hari.

 

"Untuk lokasi dengan kondisi umum cuacanya diprakirakan cerah-berawan pada pagi sampai dengan siang hari dapat berpotensi menyebabkan indeks UV pada kategori sangat tinggi dan ekstrem di siang hari," tulis BMKG dikutip dari situs resmi, Kamis 27 April 2023.

 

Tampak pada visualisasi grafis unggahan Instagram BMKG indeks UV naik bertahap mulai pukul 08.00 WIB, di sebagian wilayah Kalimantan, seluruh Sulawesi, Nusa Tenggara dan sebagian Papua mulai masuk level moderat (kuning, risiko bahaya sedang).

 

Dan di wilayah Maluku dan sebagian Papua di level tinggi (oranye, risiko bahaya tinggi).

 

Sementara wilayah Jawa dan Sumatra, sebagian Kalimantan, dan beberapa titik di Papua menunjukkan indeks UV level rendah (hijau, risiko bahaya rendah).

 

Pada pukul 09.00 WIB, Indeks UV meningkat  di wilayah Jawa dan Sumatra masuk level moderat (kuning).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: