Bersiap! El Nino Ancam Sejumlah Wilayah Indonesia, Dampaknya Kekeringan Dahsyat

Bersiap! El Nino Ancam Sejumlah Wilayah Indonesia, Dampaknya Kekeringan Dahsyat

Gambar merupakan Ilustrasi --(Sumber Foto: Tim/Betv).

BACA JUGA:Tanda Kiamat Akan Datang! Ini Nasib Al-Qur'an di Akhir Zaman, Ingatan Tentang Ayat-ayatnya Ikut Menghilang?

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, yang disampaikan dalam website resmi BMKG Indonesia, bahwa dalam rangka mengantisipasi terjadinya El Nino, yang akan berdampak kepada kekeringan dahsyat, maka memang harus dilakukan persiapan.

"Perlu aksi mitigasi secara komprehensif untuk mengantisipasi dampak akan musim kemarau yang diperkirakan akan lebih parah dari 3 tahun terkahir ini," sampainya.

BACA JUGA:Bansos PKH Mei 2023 Sudah Cair? Cek Penerima Bantuan hingga Rp3.000.000, Syarat Terdaftar di DTKS Kemensos

Karena berdampak akan kekeringan ekstrem, lantaran suhu yang cukup panas ditambah berkurangnya curah hujan, maka akan berdampak terhadap ketersediaan air, termasuk untuk para petani dalam bertanam.

Jika tidak memiliki cukup air, maka dipastikan tanaman akan terhambat tumbuh, jelas hal ini akan berdampak terhadap hasil panen, kemudian terparahnya akan berdampak terhadap ketersediaan pangan bagi masyarakat.

BACA JUGA:Selamat! Pelaku UMKM Bisa Dapat BLT Rp2.400.000, Ini Syarat dan Cara Cek Penerimanya

Selain kekeringan yang ekstrem tersebut, kemudian dengan jarangnya hujan turun sehingga hal ini juga akan berdampak terhadap terbakarnya hutan.

Oleh karena itu, dalam menghadapi El Nino yang diprediksi akan melanda dan puncaknya di Agustus, bahwa masyarakat diminta bersiap dan terus waspada jika kemudian memang melanda Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: