Kurangi Penularan dan Infeksi Penyakit di Lingkungan Rumah Sakit, RSKJ Gelar Penyuluhan Etika Batuk

Kurangi Penularan dan Infeksi Penyakit di Lingkungan Rumah Sakit, RSKJ Gelar Penyuluhan Etika Batuk

Ismayanti, S.Kep, NS, Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu menggelar Penyuluhan Etika Batuk. Dilaksanakan dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, bertempat di ruang tunggu poli rawat jalan RSKJ Soeprapto, pada Senin 29 Mei 2023. 

Kegiatan penyuluhan ini sudah diselenggarakan secara rutin sejak lama, dan terus digelar secara rutin setiap hari Senin di Poli Rawat Jalan.

Dengan tujuan untuk memberi edukasi kepada pengunjung terhadap penyakit dan pelayanan kesehatan yang ada di RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu.

Sementara yang bertindak sebagai pemateri adalah Ismayati, S.Kep, Ns, selaku Komite Pencegahan dan Pengendalian infeksi (PPI) RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu. Komite PPI sendiri adalah bagian internal dari RSKJ Soeprapto Bengkulu.

Yang tugasnya memberi penyuluhan untuk mencegah dan meminimalkan terjadinya infeksi dan penularan pada pasien, petugas, pengunjung, dan masyarakat sekitar fasilitas pelayanan kesehatan.

Dalam penyuluhan kesehatan kali ini Ismayanti mengangkat tema "Etika Batuk". Yaitu tata cara batuk yang baik dan benar, dengan cara menutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju, sehingga bakteri tidak menyebar diudara. Untuk mencegah penyebaran penyakit secara luas melalui udara.

Acara Penyuluhan "Etika Batuk" ini diikuti tidak kurang dari 20 peserta yang terdiri dari pasien dan keluarga pasien rawat jalan serta pegawai RSKJ Soeprapto.

"Penyuluhan hari ini kita menyampaikan materi tentang etika batuk, yang merupakan salah satu cara untuk pencegahan infeksi," ungkap Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSKJ Soeprapto Bengkulu, Ismayanti.

Langkah-langkah ketika Batuk yang benar adalah:

1. Menutup mulut dan hidung saat batuk/bersin dengan tisu.

2. Buang tisu ketempat sampah kuning bila telah terkena sekret/lendir saluran pernapasan.

3. Cuci tangan dengan air mengalir atau handrub setelah kontak dengan sekret.

Lalu kebiasaan batuk yang salah diantaranya.

1. Tidak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: