Dinno Budi Laksono Hadiri Diskusi Bersama Kemenko Perekonomian, Bahas Peremajaan Sawit Rakyat

Dinno Budi Laksono Hadiri Diskusi Bersama Kemenko Perekonomian, Bahas Peremajaan Sawit Rakyat

(Kiri ke kanan) Dinno Budi Laksono, Syuta Indra, Ir. Gulat Manurung, MP.,C.APO Ketua Umum DPP APKASINDO, dan Zikri saat foto bersama.--(Sumber Foto: Ist)

Dalam pertemuan tersebut Dinno mendapat pemahaman lebih jauh mengenai manfaat sektor industri perkebunan sawit bagi Indonesia. Ada 6 kontribusi bagi Indonesia yaitu:

1. Kontribusi PDB Nasional, dimana sektor sawit telah berkontribusi sebesar 3,5% pada PDB Nasional.

2. Kontribusi sawit pada ekspor pertanian mencapai 73,83%.

3. Kemandirian Energi, menggantikan bahan bakar fosil melalui biodiesel.

4. Tenaga Kerja, sektor sawit melibatkan 2,4 juta petani swadaya dan 16 juta tenaga kerja.

5. Kontribusi non-migas, berkontribusi sebesar 15,6% terhadap total ekspor non-migas.

6. Nilai ekspor sawit dan produk turunannya pada tahun 2022 mencapai USD 39,28 Miliar atau lebih dari Rp 600 triliun (kurs Rp. 15.368).

Dinno berharap kedepannya kepedulian para Bupati dan Kepala Daerah di Provinsi Bengkulu dapat terpacu untuk mencapai target Program PSR yang menjadi program pemerintah Republik Indonesia. 

Karena peremajaan sawit rakyat tidak hanya mendongkrak pendapatan petani tetapi juga menjadi pintu masuk menuju pengelolaan sawit rakyat yang berkelanjutan.

"Saya merasa terhormat dapat menjadi bagian diskusi yang sangat penting dan saya berterima kasih kepada bapak Muhamad Ihsan selaku CEO Warta Ekonomi, karena telah mengundang saya dan rekan-rekan untuk bersama-sama dalam diskusi yang melibatkan para pengusaha, pemangku kebijakan, dan akademisi," kata Dinno Putra Asli Bengkulu (Rabu 31 Mei 2023).

Senada, Syuta Indra, S.E. juga menambahkan bahwasannya UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian. 

"Saya berharap kedepannya dapat memanfaatkan peluang bisnis dari ragam kreasi sawit," kata owner Syzea Graha.

Disislain, Ir. Gulat Manurung, MP.,C.APO selaku Ketua Umum DPP APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) yang juga memberikan saran kepada Dinno dan rekan-rekan untuk dapat memanfaatkan peluang bisnis di bidang perkebunan kelapa sawit, bahkan secara pribadi ia memberikan kartu nama agar kedepanya bisa terus terjalin silaturahmi.

(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: