Masjid Jin di Makkah, Jadi Saksi Berimannya para Jin

Masjid Jin di Makkah, Jadi Saksi Berimannya para Jin

Masjin Jin di Makkah.--(Sumber Foto: Ist)

BETVNEWS - Masjid betv.disway.id/listtag/34229/jin">Jin terletak di Kota Makkah, di kampung Ma'la dan berada 1,5 km sebelah utara Masjidil Haram.

BACA JUGA:Bukan Hanya Air Putih! Ini 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Salah Satunya Susu Cokelat

Dinamakan Masjid Jin karena terdapat suatu peristiwa Nabi Muhammad SAW menulis surat kepada Ibn Mas’ud ketika menerima rombongan jin yang ingin memba’iat Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Bukan Lemah! Ini Makna Sabar dalam Hidup dan Cara Melatihnya, Jadilah Tenang hingga Mendamaikan

Dikuti dari situs dalam Al-Quran karya Syahrudfin El-Fikri bahwa nama Masjid Jin berkaitan dengan Rasulullah SAW dengan bangsa jin dan dakwah Islam.

BACA JUGA:Fenomena Full Moon 3 Juni, Waspadai Banjir Rob di Wilayah Ini, Simak Penjelasannya

Tempat dimana Rasulullah SAW bertemu dengan rombongan jin kemudian diabadikan dengan didirikan masjid yang digunakan untuk salat berjamaah lima waktu.

BACA JUGA:Dijelaskan Dalam Hadis, 5 Tempat Ini Jadi Rumah Tinggal Jin, Ada di Mana Saja?

Peristiwa ini termaktub dalam Al-Qur'an surat Al-Ahqaf ayat 29-30, Allah SWT berfirman:

‎وَإِذْ صَرَفْنَآ إِلَيْكَ نَفَرًا مِّنَ ٱلْجِنِّ يَسْتَمِعُونَ ٱلْقُرْءَانَ فَلَمَّا حَضَرُوهُ قَالُوٓا۟ أَنصِتُوا۟ ۖ فَلَمَّا قُضِىَ وَلَّوْا۟ إِلَىٰ قَوْمِهِم مُّنذِرِينَ . قَالُوا۟ يَٰقَوْمَنَآ إِنَّا سَمِعْنَا كِتَٰبًا أُنزِلَ مِنۢ بَعْدِ مُوسَىٰ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ يَهْدِىٓ إِلَى ٱلْحَقِّ وَإِلَىٰ طَرِيقٍ مُّسْتَقِيمٍ

BACA JUGA:Investor Korsel Tertarik Investasi di Bengkulu, Sektor Ini yang Diminati

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al Quran, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan(nya) lalu mereka berkata: "Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)". Ketika pembacaan telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan. Mereka berkata: "Hai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan kitab (Al Quran) yang telah diturunkan sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus" (QS Al-Ahqaf: 29-30).

BACA JUGA:9 Tanggal Lahir Paling Berkarisma, Gampang Dapat Jodoh, Ada Tanggal Lahirmu?

Keberadaan Masjid Jin ini kerap menjadi perhatian bagi jemaah dari mancanegara yang sedang menunaikan ibadah haji atau umrah di Tanah Suci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: