Kabar Baik untuk Pecinta Kopi! Ternyata Ini Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Kabar Baik untuk Pecinta Kopi! Ternyata Ini Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Gambar hanya ilustrasi. --(Sumber Foto: Doc/BETV)

1. Anti Stres dan Depresi

Rutin mengonsumsi secangkir kopi hitam pada pagi hari bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Pasalnya, kopi mengandung antidepresan dan bisa menjaga suasana hati sehingga mood lebih seimbang.

Stres tidak hanya akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas, namun dapat berdampak jangka panjang, termasuk memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup penderitanya.

BACA JUGA:Jangan Buru-Buru! Ini Adab Bangun Tidur yang Baik Dalam Islam, Sudahkah Mengamalkannya?

2. Menurunkan Risiko Alzheimer

Kandungan kafein pada kopi juga dikatakan mampu menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi akibat proses penuaan.

Oleh karena itu, minum kopi secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson.

BACA JUGA:Beda dengan Panji Gumilang, Belajar Islam Sejak Kecil dan Sering Dengar Kisah Nabi, Non Muslim Ini Jadi Mualaf

3. Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, kopi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, asalkan kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau krimer.

Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dikatakan mampu merangsang metabolisme tubuh, sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Semakin cepat proses pembakaran lemak terjadi, berarti penurunan berat badan bisa tercapai.

Namun tentunya manfaat tersebut hanya bisa didapatkan jika konsumsi kopi hitam yang cukup dibarengi dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur.

BACA JUGA:Kisah Mukjizat Nabi Muhammad SAW, Fenomena Luar Biasa Pancaran Air Keluar dari Sela Jarinya

4. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Mengkonsumsi kopi hitam setiap hari juga dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga penyakit ini dapat dicegah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: