Kucing Sebabkan 8 Hewan Ini Terancam Punah, Apa Saja?

Kucing Sebabkan 8 Hewan Ini Terancam Punah, Apa Saja?

Kucing.--(Sumber Foto: ist)

Adapun penelitian pada 2019 menunjukkan, parasit yang membunuh berang-berang laut berasal dari populasi kucing domestik. 

Meski begitu, penelitian sebelumnya menemukan bahwa parasit yang menginfeksi berang-berang laut kemungkinan berasal dari sumber liar.

 

4. Key Largo Woodrat 

Key largo woodrat atau Neotoma floridana smalli adalah hewan pengerat yang hanya ditemukan di Florida selatan, AS, dan berstatus terancam punah. Program penangkaran untuk meningkatkan populasi telah dilakukan sejak 2002 hingga 2012. 

Usai populasi meningkat, hewan pengerat ini diharapkan dapat dilepaskan ke alam liar. Sayangnya, semua Key Largo Woodrat yang dilepaskan justru menjadi korban predator, terutama kucing liar. 

 

5. Numbat 

Numbat adalah hewan marsupial asal Australia yang menyerupai gabungan antara tupai dan anjing. Hewan dengan kulit dihiasi belang hitam dan putih merupakan endemik dan ciri khas Australia barat.

Namun, populasi numbat hingga kini diperkirakan kurang dari 1.000 ekor dan berada dalam status terancam punah. Dilansir dari laman Scientific American, diperkirakan mereka terancam oleh kucing liar dan rubah, serta akibat kehilangan habitat.

 

6. Burung nene 

Dikutip dari Hawaii Magazine, burung nene adalah maskot dan hewan endemik Hawaii, negara bagian AS. Nene berada di ambang kepunahan pada 1960-an, dengan hanya 30 individu tersisa di alam liar.

Hal tersebut tak lain karena menjamurnya pemangsa di pulau Hawaii, termasuk kucing dan luwak. Meski populasi nene saat ini telah pulih, tetapi hewan ini menerima ancaman lain yang ditularkan melalui kucing, yakni Toxoplasma gondii. Selain berang-berang laut, parasit ini juga mengancam nyawa dan populasi nene.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: