Masya Allah! Inilah 5 Golongan Orang yang Terbebas dari Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Masya Allah! Inilah 5 Golongan Orang yang Terbebas dari Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Gambar hanya ilustrasi. --(Sumber Foto: Doc/BETV)

"(Mereka akan diinterogasi) tentang tuhan, agama, dan nabi mereka (setelah dimakamkan di kubur) atau tempat tetap mereka (kecuali sekelompok orang tertentu) sehingga mereka tidak diinterogasi. Mereka yang dikecualikan adalah mereka yang mati syahid, mereka yang berjaga di perbatasan musuh sehari semalam di jalan Allah, mereka yang meninggal di hari atau malam Jumat – malam Jumat terhitung sejak gelincir matahari (sesaat sebelum zuhur) hari Kamis–, mereka yang melazimkan surat Al-Mulk pada setiap malam sejak ia mengetahuinya – Tidak masalah meninggalkan amalan Al-Mulk pada malam tertentu karena uzur-, dan mereka yang mati karena sakit perut, yaitu mereka yang di perutnya terdapat cairan kuning." (Lihat: Syekh M Nawawi, Tsimarul Yani‘ah fir Riyadhil Badi‘ah, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa tahun], halaman: 11). 

BACA JUGA:Gantengnya Keterlaluan! Sahabat Nabi Ini Pernah Dijadikan Jelmaan Malaikat Jibril, Seperti Apa Sosoknya?

Bagi mereka yang telah dewasa dengan baligh sebagai ukuran minimalnya, maka akan mendapat pertanyaan malaikat Munkar Nakir berlaku. 

Dengan begitu, mereka yang meninggal dalam usia yang masih muda dan belum baligh, tidak akan diinterogasi malaikat Munkar dan Nakir. 

Hal tersebut dijelaskan dalam kitab Busyral Karim karya Syekh Sa’id bin Muhammad Ba’asyin yang artinya:

"Pertanyaan malaikat di kubur, berlaku bagi setiap mukallaf kecuali orang yang dibebaskan. Mereka yang dibebaskan misalnya para nabi, syuhada, siddiq, penjaga di perbatasan daerah musuh, wafat karena sakit perut, orang yang melazimkan bacaan surat "Tabarak" Al-Mulk atau "Haa Miiim As-Sajdah" setiap malam, mereka yang mati diserang penyakit sampar atau tha’un, atau mereka yang wafat hari Jumat. Demikian berlaku bagi orang mati syahid. Demikian disebutkan Al-Qurthubi. Orang yang tidak diinterogasi malaikat tidak terkena siksa kubur. Setiap orang mukmin meski pelaku maksiat akan ditunjuki untuk menjawab meski tergagap." (Syekh Said bin Muhammad Ba‘asyin, Busyral Karim). 

BACA JUGA:Penjaga Manusia, Apa Malaikat Hafadzah Sama dengan Malaikat Raqib dan Atid? Begini Penjelasannya...

Begitulah. Setiap manusia akan bertemu dan ditanyai oleh Malaikat Munkar dan Nakir, namun hal itu tidak berlaku nagi orang-orang tertentu. Orang-orang tersebut di antaranya:

1. Orang yang mati syahid

2. Mereka yang berjaga di perbatasan musuh sehari semalam di jalan Allah.

3. Mereka yang wafat pada hari atau malam Jumat; malam Jumat terhitung sejak gelincir matahari atau sesaat sebelum zuhur di hari Kamis.

4. Mereka yang membaca surat Al-Mulk setiap malam, (tidak masalah meninggalkan amalan Al-Mulk di malam tertentu karena uzur)

5. Orang-orang yang mati karena sakit perut, yakni mereka yang terdapat cairan kuning di perutnya.

BACA JUGA:Pernah Bertemu Pengemis dengan 11 Ciri Ini? Bisa Jadi Itu Malaikat yang Menyamar, No 3 Jarang Disadari!

Selain itu, disebutkan juga bahwa orang yang tidak mukallaf juga terbebas dari pertanyaan di alam kubur. Contohnya adalah mereka yang meninggal ketika usianya belum baligh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: