Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban di Bengkulu Tengah

Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban di Bengkulu Tengah

Dokter Hewan Nursa Rima mengaku menemukan cacing hati di daging kurban yang baru saja disembelih. Namun masyarakat diminta tidak khawati karena tidak berbahaya namun harus di masak dengan cara yang benar. --(Sumber Foto: Ronal/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Pertanian Bengkulu Tengah melalui Tim Kesehatan Hewan meninjau penyembelihan hewan kurban, pada Kamis 29 Juni 2023. 

BACA JUGA:Idul Adha, Bupati Kepahiang Serahkan 8 Ekor Sapi Kurban ke Pengurus Masjid Agung Baitul Hikmah

Peninjauan dilakukan dengan membagi tim yang disebarkan ke beberapa lokasi yang berada di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. 

BACA JUGA:Idul Adha, Polda Bengkulu dan Jajaran Sembelih 116 Ekor Hewan Kurban

Dokter Hewan Nursa Rima mengaku menemukan cacing hati di daging kurban yang baru saja disembelih. Namun masyarakat diminta tidak khawati karena tidak berbahaya namun harus di masak dengan cara yang benar. 

BACA JUGA:Idul Adha, Kejati Bengkulu Sembelih 8 Ekor Sapi Kurban

"Di sarankan agar warga apabila mengelola hati atau daging agar dimasak hingga matang, sehingga cacing atau bakteri yang terdapat pada hati dan daging akan mati, dan hati dan daging layak dikonsumsi," kata Nursa Rima.

BACA JUGA:Hukum Islam Suami-Istri Berhubungan Intim Saat Malam Takbiran Idul Adha, Penjelasannya Berikut Ini

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Tengah Endang Sumantri menjelaskan, selain melakukan pemantauan dan pengecekan terhadap kondisi kesehatan hewan kurban secara mobile.

BACA JUGA:Terjaring OTT Fee Proyek, Oknum Pejabat ASN Kepahiang Ditetapkan Tersangka

Tim keswan dan Dinas Pertanian melakukan pendataan terhadap jumlah hewan kurban, pasalnya terdapat perbedaan data jumlah heqan kurban yang dimiliki Dinas dan Kemenag. 

BACA JUGA:Salat Idul Adha, Kapolda Ajak Personel Maknai Berkurban dalam Tugas Polri

"Untuk data keseluruhan hewan kurban yang dipotong akan ditotalkan dalam 2 hari kedepan, lantaran hari Jumat dan Sabtu esok masyarakat masih melaksanakan penyembelihan hewan kurban," kata Endang.

BACA JUGA:Warga Binaan dan Pegawai Lapas Bengkulu Salat Idul Adha Berjamaah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: