Kisah Semut yang Bertemu dengan Nabi Sulaiman, Jadi Hewan Penghuni Surga, hingga Larangan Membunuhnya!

Kisah Semut yang Bertemu dengan Nabi Sulaiman, Jadi Hewan Penghuni Surga, hingga Larangan Membunuhnya!

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Dalam kesempatan itu pula, ada gerombolan semut yang lewat di jalan yang dilalui pasukan Nabi Sulaiman.

Agar tidak terinjak oleh rombongan Nabi Sulaiman, raja semut itu memerintahkan pasukannya untuk berlindung dan masuk ke lubang-lubang.

"Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarang kalian agar tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadarinya." (QS An Naml ayat 16)

Nabi Sulaiman yang mengerti bahasa hewan pun tersenyum bahkan tertawa saat mendengar perkataan raja semut itu. Ia kemudian berdoa:

"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepada aku dan kepada kedua orang ibu bapakku, dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau meridai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba yang saleh." (QS An Naml ayat 17-19)

BACA JUGA:Kisah Keledai Nabi Uzair, Bukti Kekuasaan Allah hingga Dijamin Menjadi Hewan Penghuni Surga

Senyuman Nabi Sulaiman menjadi salah satu tanda bahwa dirinya bersyukur dan bahagian atas mukjizat yang dititipkan oleh Allah.

Usai mendengar ucapan semut, Nabi Sulaiman memerintahkan pasukannya berhenti sejenak.

Ia berkata: 

"Berhentilah sejenak. Kita memberi jalan untuk makhluk yang berlindung kepada Allah ta'ala. Sehasta di depanku ada lembah semut yang berisi jutaan semut. Mereka telah mencari tempat perlindungan agar tidak terlindas oleh kuda kita."

Kemudian dalam kisah yang diriwayatkan oleh Abdurrazaq ada hadits dari Ma'mar bahwa Sulaiman bin Daud pernah pergi mengambil air bersama sahabatnya.

Karena mengerti bahasa semut, Sulaiman melihat seekor semut berdiri, mengangkat salah satu kakinya untuk meminta air.

Kemudian Sulaiman berkata kepada temannya, "Kembalilah kalian, karena kalian telah mendapat bagian air minum. Sesungguhnya semut ini juga meminta air."

Nabi Sulaiman segera menolong semut tersebut dan memberinya jatah air karena beliau tahu bahwa semut juga makhluk ciptaan Tuhan.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ada 10 Hewan yang Dipastikan Masuk Surga, Salah Satunya Domba Pengganti Nabi Ismail!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: