Umat Muslim Diminta Cek Kiblat, Benarkah Hari Ini Matahari Berada tepat di atas Ka'bah?

Umat Muslim Diminta Cek Kiblat, Benarkah Hari Ini Matahari Berada tepat di atas Ka'bah?

Gambar Merupakan Ilustrasi. --(Sumber Foto: Tim/Betv)

BETVNEWS - Benarkah pada hari ini Matahari berada di atas Ka'bah Mekkah? Serta dikatakan merupakan waktu yang tepat bagi umat muslim untuk mengecek kebenaran arah kiblat

Matahari akan tepat berada di atas Ka'bah di Mekkah pada Minggu 16 Juli, 2023. Sehingga hal ini dinilai tepat bagi umat muslim untuk kembali mengecek arah kiblat di setiap masjid. 

BACA JUGA:Jonaidi, SP Siap Bantu Fasilitasi Kebutuhan Petani, Syaratnya Ajukan Proposal Permohonan

Fenomena Matahari berada tepat di atas Kabah disebut juga sebagai Hari Meluruskan Kiblat atau Raasdulqiblah atau istiwa a'zam . Saat itu, matahari yang berada tepat di atas Ka'bah membuat arah kiblat seakan searah dengan matahari, tepatnya pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

Hal ini ditandai dengan bayang-bayang benda tegak lurus yang akan membelakangi arah kiblat, sebagaimana dijelaskan dalam tinjauan astronomi atau ilmu falak.

BACA JUGA:Menurut Primbon Jawa! Inilah 5 Weton Ketiban Rezeki Nomplok di Bulan Juli 2023, Bikin Geger Geden, Ada Wetonmu

Dikutip dari laman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), diperlukan verifikasi arah kiblat pada saat rashdul qiblah karena bayangan benda yang terbentuk akan mengarah ke Ka'bah.

Ketika matahari tepat berada di atas Ka'bah atau bangunan suci pusat arah kiblat bagi muslim di seluruh dunia, menurut perhitungan di Stellarium PC ver0.22, peristiwa ini berlangsung selama dua kali dalam setahun.

BACA JUGA:Segera Cek Rekening! TPG Triwulan 2 2023 Cair, Guru Full Senyum

Ada beragam cara yang digunakan untuk mengecek arah kiblat, salah satunya pengecekan dengan alat seperti kompas dan teodolit.

Selain itu, arah kiblat juga dapat dipastikan dengan cara melihat arah bayangan benda, tongkat dan lot atau bandul dapat digunakan untuk mengecek arah kiblat dengan cara ini. 

BACA JUGA:Kabar Gembira! TPG Triwulan 1 dan 2 Cair di Wilayah Ini, Apakah Sudah Masuk Rekening?

Nah, untuk lebih jelasnya sanak beken bisa memperhatikan tata cara berikut:

1. Tentukan tempat yang akan diketahui arah kiblatnya, dengan mencari lokasi yang datar, rata, dan terkena cahaya matahari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: