dempo

Mengenal 7 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Salah Satunya Ritual Pesta Kurban

Mengenal 7 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Salah Satunya Ritual Pesta Kurban

Ilustrasi. Mengenal tradisi Perayaan Idul Adha di berbagai negara, salah satunya ritual pesta kurban.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada banyak ritual atau tradisi perayaan Idul Adha yang dapat dirasakan umat Muslim di berbagai negara. Salah satu negara ada yang mengadakan ritual pesta kurban.

Menariknya, tradisi Idul Adha ini ternyata tidak hanya ada di Indonesia. Beberapa negara memiliki tradisinya masing-masing dalam menyambut Hari Raya Kurban ini.

Selain Idul Fitri, perayaan ini juga menjadi momen yang sangat dinantikan umat Islam. Bedanya, Hari Raya Idul Adha tidak ada puasa 30 hari, namun setiap orang bisa menjalani puasa Arafah.

BACA JUGA:Tetap Bugar Usai Idul Adha dengan 4 Asupan Makanan Sehat Ini, Bantu Hempas Kolesterol Jahat

Idul Adha kerap dilaksanakan setiap tahun pada 10 Dzulhijjah dalam kalender hijriah. Tak heran jika banyak orang menantikan perayaan ini, selain itu Idul Adha menjadi jalan untuk sesama saling silahturahim.

Melansir berbagai sumber, berikut ini tradisi unik perayaan Idul Adha di berbagai negara yang jatang diketahui.

1. Perayaan di Kaukasia

Perayaan Idul Adha di Kaukasia erat kaitannya dengan ritual pesta kurban. Hal ini merupakan tradisi dalam penghidupan kembali setelah masa larangan keagamaan di bawah rezim Soviet.

Sejak 1995, mulailah dibangun pasar kurban kembali, dengan begitu menghidupkan ritual pesta kurban di negara-negara Kaukasia.

BACA JUGA:Makna Idul Adha dalam Menghayati Pengorbanan dan Keikhlasan

Kaukasia ini merupakan wilayah geografis yang ada di Eurasia, kemudian berbatasan dengan Laut Kaspia di timur, Laut Hitam di barat, dan Samudra Mediterania di selatan.

Wilayah tersebut juga meliputi negara yakni Azerbaijan, Armenia, Kazakhstan, Georgia, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

2. Hari Raya Idul Adha di Indonesia

Perayaan Idul Adha di Indonesia memiliki keberagaman, karena setiap daerah mempunyai tradisinya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: