KPU

Mengenal 7 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Salah Satunya Ritual Pesta Kurban

Mengenal 7 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Salah Satunya Ritual Pesta Kurban

Ilustrasi. Mengenal tradisi Perayaan Idul Adha di berbagai negara, salah satunya ritual pesta kurban.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Misalnya di Aceh dengan tradisi uniknya bernama Meugang, sebuah perayaan dengan memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga atau kerabat, menjadi bentuk syukur masyarakat kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Tidak Sama, Ini Tanggal Perayaan Hari Raya Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia

Jika di Pasuruan, ada tradisi unik manten sapi yang menjadi bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada hewan yang akan disembelih. Bahkan, sapi tersebut didandani dengan cantik seolah menjadi pengantin.

Masih banyak lagi tradisi dalam menyambut Hari Raya Idul Adha di Indonesia, beberapa tradisi tersebut terbilang unik karena kekayaan budaya perayaan di berbagai daerah berbeda-beda.

3. Hari Raya Idul Adha di Maroko

Tradisi di negara ini tak jauh beda dengan Indonesia yakni juga membuat masakan olahan daging kurban. Kalau di Indonesia orang banyak memasak gulai, rendang, hingga sate.

BACA JUGA:Rayakan Idul Adha, Mandiri Group Area Bengkulu Berkurban 5 Ekor Sapi

Sementara di Maroko, penduduknya sangat suka membuat mrouzia dan boulfaf. Hidangan ini dibuat dengan daging sapi dan domba, kemudian dicampur oleh rempah-rempah, kemudian direbus atau dibakar.

Selain enak, hidangan ini menjadi favorit penduduk Maroko, hingga tak bosan menyantapnya selama tiga hari.

4. Hari Raya Idul Adha di Inggris

Di Inggris perayaan Idul Adha kerap dikenal dengan sebutan Salty Eid. Hal tersebut ada kaitannya dengan hidangan yang disajikan pada hari raya ini, dengan cita rasa gurih.

BACA JUGA:Salat Idul Adha di Masjid Baitul Izzah Bengkulu Berlangsung Khidmat dan Tertib

Setelah selesai menyembelih hewan kurban, penduduk di sana akan berkumpul bersama. Di akhir perayaan tersebut akan ada acara seperti pasar malam atau festival yang dilaksanakan di beberapa kota.

Nah, perlu kamu ketahui bahwa Islam di Inggris menjadi agama terbesar kedua. Sehingga tak heran jika Idul Adha di negara ini akan sangat terasa.

5. Perayaan Idul Adha di Bangladesh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: