KPU

Mengenal 7 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Salah Satunya Ritual Pesta Kurban

Mengenal 7 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Salah Satunya Ritual Pesta Kurban

Ilustrasi. Mengenal tradisi Perayaan Idul Adha di berbagai negara, salah satunya ritual pesta kurban.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Berbeda dengan Bangladesh, perayaan Idul Adha di sini memiliki tradisi festival suci yang kemudian dikenal dengan Kurbanir Idul Adha atau Bakri Idul Adha.

BACA JUGA:Baca Niat Ini Sebelum Sholat Idul Adha, Cukup Lakukan 2 Rakaat, Begini Tata Caranya

Kemudian festival ini diamani baik menjadi acara keagamaan dan pesta. Sebelum festival ini dimulai mulai dari toko manisan, penjual kain, toko suvenir memenuhi raknya dengan berbagai jenis barang yang dapat dinikmari keluarga di seluruh negeri.

6. Hari Raya Idul Adha di Pakistan

Berbeda dengan Indonesia, Negara Pakistan merayakan Idul Adha selama 4 hari secara berturut-turut. Hal ini dilakukan karena sekaligus menjalani puasa Arafah.

Uniknya di negara Pakistan, ada tradisi memandikan dan mendandani hewan kurban sebelum akhirnya disembelih. Tujuan dari tradisi tersebut adalah bisa menjaga kesehatan hewan kurban, selain itu juga sebagai penghormatan Nabi Ibrahim AS.

BACA JUGA:Lebaran Idul Adha Tiba, Berikut 8 Tips Merebus Daging Kurban Tanpa Presto, Dijamin Empuk Tidak Alot

7. Hari Raya Idul Adha di Uni Emirat Arab

Tradisi unik perayaan Idul Adha di Uni Emirat Arab (UEA) yakni mengenakan pakaian baru. Jika di Indonesia, membeli baju baru indentik dengan Hari Raya Idul Fitri.

Nah, berbeda dengan negara satu ini, membeli dan menggunakan pakaian baru menjadi aspek penting dalam menyambut Hari Raya Idul Adha.

Menurut informasi, para pria akan mengenakan Kandoora baru (sejenis baju tradisional berupa jubah panjang berwarna putih) atau mewarnai pakaian kandoora yang sudah ada menggunakan minyak kenari dan kapulaga.

Sedangkan kaum wanitanya mengenakan pakaian khusus, mereka akan mewarnai rambut atau tangan dengan hena. Kemudian, untuk para anak-anak mereka akan bergembira ria menerima bingkisan hadiah dan memakai baju baru.

BACA JUGA:5 Perbedaan Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri yang Jarang Diketahui

Inilah beberapa tradisi Perayaan Idul Adha yang ada di berbagai negara, termasuk Indonesia. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: