Masjid Sudah Ada Sebelum Nabi Muhammad SAW, Keberadaan Masjid Tertua di Dunia Berikut Ini Buktinya

Masjid Sudah Ada Sebelum Nabi Muhammad SAW, Keberadaan Masjid Tertua di Dunia Berikut Ini Buktinya

Gambar ilustrasi masjid tertua di dunia--(Sumber Foto: idn times)

6. Masjid al-Qiblatain (Somaliland)

Masjid ini tentunya berbeda dengan Masjid al-Qiblatain yang terletak di Madinah. Merupakan salah satu dari tiga masjid paling awal yang dibangun di Afrika oleh para pengikut awal Nabi Muhammad SAW.

Letaknya berada di Zeila di wilayah Awdal barat Somaliland. Selama awal abad ke-7, para sahabat nabi melarikan diri dari Mekah untuk menyelamatkan diri dari penganiayaan penguasa Quraisy.

Mereka kemudian berlindung di beberapa bagian bekas Abyssinia saat ini menjadi Ethiopia, Eritrea dan Somaliland. Para pengikut ini kemudian membangun masjid di mana pun mereka menetap.

Sayangnya saat ini masjid ini sebagian besar tinggal reruntuhan yang berisi makam Syekh Babu Dena dan dua mihrab. Satu mihrab berorientasi ke utara menghadap Mekah dan yang lainnya ke arah barat laut Yerusalem.

BACA JUGA:Ada 6 Negara yang Diabadikan dalam Al-Qur'an, Salah Satunya Jadi Tempat Kelahiran Nabi Muhammad SAW, di Mana?

7. Masjid Quba

Masjid Quba diketahui di bangun pada tahun 622 di Madinah, Arab Saudi oleh Nabi Muhammad SAW setelah kepergiannya dari Mekah.

Namun pada abad ke-20 struktur asli masjid Quba dihancurkan dan diganti dengan bangunan baru.

Sebagai salah satu masjid terbesar di Arab Saudi, masjid ini menjadi tujuan utama dari para jamaah. Diketahui bahwa setiap hari Sabtu, Nabi Muhammad SAW akan pergi ke masjid ini untuk sholat dua rakaat dan merupakan masjid tempat shalat Jumat pertama yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW berlangsung.

8. Al-Masjid Al-Nabawi

Masjid ini dibangun pada tahun 622 di Madinah, Arab Saudi dan struktur pertama masjid ini dibangun di dekat rumah Nabi Muhammad SAW.

Dikenal dengan kubah hijaunya yang dibangun di bawah Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1818.

Diketahui masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW yang sebelumnya merupakan tempat pemakaman. Awalnya masjid adalah bangunan terbuka yang digunakan sebagai sekolah agama, pengadilan dan tempat pertemuan para pemeluk Islam. 

9. Masjid Agung Kufah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: