Masjid Sudah Ada Sebelum Nabi Muhammad SAW, Keberadaan Masjid Tertua di Dunia Berikut Ini Buktinya

Masjid Sudah Ada Sebelum Nabi Muhammad SAW, Keberadaan Masjid Tertua di Dunia Berikut Ini Buktinya

Gambar ilustrasi masjid tertua di dunia--(Sumber Foto: idn times)

Waktu tepat pembangunan ini tidak diketahui namun Masjid Al-Haram tetap dianggap sebagai masjid tertua di dunia.

Ka'bah sendiri dianggap sebagai tempat paling religius dan suci dalam Islam dan merupakan tempat ziarah ibadah haji dan umrah.

Selain Ka'bah, Masjidil Haram memiliki beberapa tempat suci penting lainnya seperti Hajar Aswad, Makam Nabi Ibrahim AS, Bukit Safa dan Marwah serta Sumur Zamzam.

Struktur yang saat ini dimiliki Masjidil Haram telah mengalami beberapa renovasi dan perluasan yang dilakukan selama berabad-abad. Beberapa sarjana Islam memercayai bahwa Hajar Aswad merupakan satu-satunya sisa dari struktur asli masjid ini.

Saat ini Masjidil Haram meliputi area seluas 356.000 meter persegi dan memiliki sembilan menara. Luasnya menyebabkan masjid ini juga dijuluki sebagai masjid terbesar di dunia dan dapat menampung hingga 2,5 juta jamaah sekaligus.

BACA JUGA:6 Buah Favorit Nabi Muhammad SAW, Buah Kurma Paling Disukai

2. Haram al-Sharif

Haram al-Sharif atau yang biasa juga disebut sebagai Temple Mount dianggap sebagai masjid tertua kedua di dunia. Situs ini merupakan kompleks paling suci ketiga dalam Islam.

Tidak hanya dianggap suci oleh orang Islam situs ini juga dianggap suci oleh orang Yahudi dan Kristen.

Masjid ini terletak di Yerusalem, Palestina dan pada kompleksnya terdapat Qubbat al-Sakhra atau Masjid Kubah Batu dan Masjid al-Aqsa.

Diketahui dalam tradisi Islam, Masjid al-Aqsa merupakan tempat Nabi Muhammad SAW naik ke langit ke tujuh (Sidratul Muntaha) selama perjalanan malam (atau dikenal sebagai Peristiwa Isra Miraj).

Di sisi lain, orang Yahudi percaya bahwa Dome of the Rock merupakan tempat Abraham mencoba mengorbankan putranya kepada Tuhan. Ternyata situs Haram al-Sharif telah lama menjadi sumber konflik politik antara Israel dan Palestina.

Pada saat ini diketahui orang Israel yang mengontrol situs Haram al-Sharif. Kendati demikian diketahui bahwa Muslim Waqf yang merupakan sebuah kepercayaan Islam lah yang mengelola masjid tersebut.

BACA JUGA:Daftar 10 Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga, Masyaa Allah!

3. Al-Masy'ar Al-Haram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: