Asal Mula Pendirian Kerajaan Majapahit, Raja Pertama Ini Mampu Kalahkan Jayakatwang Berkat Bantuan Sekutu

Asal Mula Pendirian Kerajaan Majapahit, Raja Pertama Ini Mampu Kalahkan Jayakatwang Berkat Bantuan Sekutu

Ilustrasi. Awal mula pendirian Kerajaan Majapahit, raja pertama ini mampu kalahkan Jayakatwang berkat bantuan sekutu.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Barulah puncak dari kejayaan kerajaan tersebut terjadi pada 1350 sampai 1389 masehi, ketika itu berada di bawah pimpinan raja berikutnya yakni Hayam Wuruk bersama patihnya Gajah Mada.

Namun latar belakang awal mula berdirinya Kerajaan Majapahit, seperti yang telah diketahui bahwa dimulai dari Jayakatwang yang saat itu menyerang Singasari.

Tujuannya telah jelas bahwa ia hendak merebut tahta dari Kertanegara.

Raja Kertanegara adalah raja terakhir dari Kerajaan Singasari, hingga ia pun akhirnya terlibat peperangan oleh Kerajaan Kediri yang kemudian mengalami kekalahan.

BACA JUGA:Kisah Perjuangan Ratu Liliuokalani yang Berakhir Tragis, hingga Hawaii Tidak Lagi Jadi Kerajaan!

Di sisi lain, Raja Kertanegara menolak untuk membayar upeti kepada Kubilai Khan (penguasa Dinasti Yuan, Tiongkok, cucu dari pendiri kekaisaran Mongol).

Tidak hanya itu saja, Kertanegara juga mempermalukan utusan Dinasti Yuan yakni Meng Chi, merusak wajah hingga telinga.

Saat itu, Kubilai Khan marah sebab dipermalukan olehnya, ia pun akhirnya berangkat berekspedisi dalam jumlah besar ke Jawa pada 1293.

BACA JUGA:Kebudayaan Kerajaan Sriwijaya, Hingga 5 Peninggalan Prasasti Bukti Kekentalan Budaya Setempat

Hanya saja terlambat, Kertanegara sudah lebih dulu digulingkan bahkan dibunuh oleh Jayakatwang.

Raja Kertanegara telah memerintah Kerajaan Singasari sejak awal abad ke-13. Kala itu ia menjadi raja yang cukup pandai berdiplomasi, serta sangat ahli dalam menjaga hubungan baik antar negara tetangga.

Lalu berlanjut, diketahui serangan terjadi dari pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan yang hendak memperluas kekuasaannya hingga wilayah Nusantara.

BACA JUGA:Cerita Mistis, Sosok Berparas Cantik Ini Jadi Panglima Kerajaan Ratu Kidul! Siapakah Dia?

Namun, saat itu Raja Kertanegara menyambut kekalahan Mongol. Hanya saja ia terluka cukup parah hingga akhirnya tidak bernyawa lagi akibat serangan yang diterimanya.

Setelah Kerajaan Singasari di wilayah Jawa Timur terpecah sebab beberapa kekuatan kecil. Di saat yang sama, Raden Wijaya merupakan keturunan cucu dari Raja Kertanegara menyerahkan diri namun tidak di bununh dan ia pun mendapat pengampunan dari Jayakatwang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: