Kasus DBD Muncul, Dinkes Provinsi Bengkulu Turunkan Tim ke Mukomuko

Kasus DBD Muncul, Dinkes Provinsi Bengkulu Turunkan Tim ke Mukomuko

Herwan Antoni, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: Abdu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi BENGKULU menanggapi adanya satu keluarga di Desa Lubuk Sanai Kabupaten Mukomuko, yang diduga meninggal dunia karena DBD atau Demam Berdarah Dengue.

BACA JUGA:DBD Mengancam! Dinkes Mukomuko Gerak Cepat Fogging Pemukiman Warga di Desa Lubuk Sanai

Untuk itu, Dinas Kesehatan akan menurunkan tim guna melakukan penyelidikan epidemiologi, memastikan penyebab pasti dari meninggalnya 4 orang tersebut, apakah karean DBD atau penyebab lain.

BACA JUGA:Bak Surga Tersembunyi! Ini Pesona Air Terjun Madakaripura, Konon Jadi Pertapaan Patih Gajah Mada Era Majapahit

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni menjelaskan, sejauh ini pihaknya baru mendapatkan laporan sementara terkait dugaan DBD tersebut.

BACA JUGA:Polwan Cantik Polres Mukomuko Gelar Bakti Kesehatan dan Bagi Sembako

"Kita sudah minta laporan tertulis dari Mukomuko, dan kita baru dapatkan laporan sementara dan diduga DBD. Kita minta data lagi yang lengkap untuk kronologis. Nah kita sudah perintahkan tim Dinkes untuk turun," kata Herwan Antoni (Senin 14 Agustus 2023).

Tim yang diturunkan akan mencari dan menggali data lengkap dan kronologis berkaitan dengan kasus ini, agar mendapatkan data detail.

BACA JUGA:Tuntut Kepsek SMPN 10 Mukomuko Diganti, Siswa Gelar Aksi di Depan Sekolah

Apabila memang dipastikan DBD nantinya, maka pihaknya bersama Dinas Kesehatan setempat, akan melakukan tindakan berupa pencegahan agar tidak meluas.

BACA JUGA:Tuntut Kepsek SMPN 10 Mukomuko Diganti, Siswa Gelar Aksi di Depan Sekolah

"Kalau positif DBD kita akan lakukan pencegahan yakni pemberantasan sarang nyamuk secara masal dan dilakukan skrining terhadap warga masyarakat setempat," sambungnya.

Satu Keluarga Meninggal Dunia Serentak
Diketahui satu keluarga meninggal dunia di duga terserang DBD. Kepala keluarga Pirmansyah (63), istrinya Rislaini (56) dan anak mereka Herwilin (34), yang juga sedang hamil 8 bulan meninggal dihari yang sama, Minggu 13 Agustus 2023.

BACA JUGA:Konflik HGU PT DDP di Mukomuko Berlanjut, Massa Gelar Aksi Hari Ini, Sempat Terjadi Ketegangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: