Revitalisasi Rumah Bung Karno di Bengkulu, Kini Bernuansa Modern Tanpa Mengubah Bangunan Asli

Revitalisasi Rumah Bung Karno di Bengkulu, Kini Bernuansa Modern Tanpa Mengubah Bangunan Asli

Revitalisasi Rumah bekas kediaman Bung Karno di Bengkulu telah dikerjakan kurang lebih satu bulan lebih.--(Sumber Foto: Abdu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Revitalisasi Rumah bekas kediaman Bung Karno di Provinsi BENGKULU telah dikerjakan selama satu bulan lebih.

Pelaksanaan revitalisasi ini dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) perwakilan Bengkulu melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VII Bengkulu Lampung.


Hasil revitalisasi tersebut pun secara resmi dilaunching pada Sabtu 16 September 2023.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan revitalisasi dilakukan sebagai upaya menjaga, melestarikan dan mengembangkan manfaat dari cagar budaya seperti yang dilakukan pihaknya terhadap rumah pengasingan Bung Karno ini.

BACA JUGA:Turunkan Polusi, Car Free Day di Kota Bengkulu Digelar Tiap Akhir Pekan

Agar nantinya masyarakat tak melupakan sejarah bangsa Indonesia yang ada di Provinsi Bengkulu.

Bukan hanya itu saja, cagar budaya ini juga sebagai wisata sejarah untuk generasi penerus agar dapat melihat dan meneladani perjuangan Bung Karno dan Ibu Fatmawati dalam merebut kemerdekaan RI.

BACA JUGA:Kalau Liburan ke Bengkulu, Jangan Lupa Cuci Muka di Rumah Bung Karno, Katanya Bikin Awet Muda Loh

"Mohon diterima, jangan dilihat dari nilainya tapi lihat jas merah, lihat semangatnya. Insya Allah pada hari ini dan kita dari jauh hari minta pak darjana tolong direvitalisasi dan alhamdulillah sudah tambah bagus, supaya kita tidak lupa sejarah itu tadi," kata Perry Warjiyo.

BACA JUGA:Ungkit komitmen Bung Karno, Ganjar Pranowo Tolak Kehadiran Timnas Israel ke Indonesia

Adapun bagian yang direvitalisasi adalah bagian pendukung cagar budaya seperti penyediaan outlet UMKM binaan BI, ruang dan sarana multimedia dan literasi, perbaikan jalan setapak, pagar keliling, lampu serta penyediaan pembayaran secara online menggunakan Qris.

BACA JUGA:Rumah Pengasingan Bung Karno yang Tak Pernah Sepi

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar mengatakan, revitalisasi yang dilakukan tidak akan menyentuh bangunan asli rumah pengasingan Bung Karno selama di Bengkulu.

BACA JUGA:Pakar Politik Kebangsaan Diskusi di Rumah Pengasingan Bung Karno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: