Pemkab dan DPRD Seluma Ngaku Tak Tahu Isu Take Over PT MPA ke PT BSL

Pemkab dan DPRD Seluma Ngaku Tak Tahu Isu Take Over PT MPA ke PT BSL

Perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit PT MPA (Metatani Palma Abadi) yang berada di wilayah Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, nyatanya sudah dilakukan proses Take Over ke PT BSL (Bengkulu Sawit Lestari).--(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit PT MPA (Metatani Palma Abadi) yang berada di wilayah Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, nyatanya sudah dilakukan proses Take Over ke PT BSL (Bengkulu Sawit Lestari).

BACA JUGA:Banyak Akalnya, Pencuri di Seluma Curi HP Pakai Tangguk Ikan

Mirisnya, peroses take over saham dan aset tersebut dilakukan, tidak diketahui oleh Pemkab Seluma dan DPRD Seluma, termasuk pesengketaan lahan dengan warga hingga saat ini belum terselesaikan oleh PT MPA tersebut.

BACA JUGA:Soal Debu Hitam dari Asap Pabrik, Ini Pernyataan PT Agra Sawitindo Bengkulu Tengah

Anggota DPRD Kabupaten Seluma, Tenno Haika membenarkan hal tersebut, pergantian yang dilakukan perpindahan PT MPA ke PT BSL ini sudah berlangsung lama.

BACA JUGA:Masyarakat Seluma Hibahkan Lahan, Bangun Kembali TPI Ketapang Baru yang Rusak

“Untuk diketahui bahwa PT MPA sampai saat ini masih bersengketa dengan masyarakat terkait lahan perkebunan sawit yang masih di kuasainya,” kata Tenno Haika (Kamis 21 September 2023).

BACA JUGA:Kejar Target, Dinas Dikbud Seluma Kebut Proyek DAK Fisik

Ditambahkan Tenno, beralihnya penguasaan dan kepemilikan ini, diduga dilakukan secara diam-diam oleh pihak PT MPA dan PT BSL tersebut, sehingga Pemkab Seluma dan DPRD Seluma pun, tidak mendapatkan pemberitahuan surat tembusan yang dilakukan peralihan oleh pihak terkait ini.

"Jelas hal ini membuat kerugian Daerah Kabupaten Seluma dan masyarakat atas Pendapatan Asli Daerah yang tidak masuk di KAS Daerah," tambahnya.

BACA JUGA:Lagi Kecelakaan di Seluma, Mobil Box Masuk Jurang

Untuk itu, agar permasalahan ini tidak berlarut-larut yang mengakibatkan masyarakat dan Pemkab Seluma dirugikan karena sumber PAD yang tidak masuk ke KAS Daerah. Maka ia harap, untuk Pemkab Seluma, dapat segera bertindak atas persoalan ini.

BACA JUGA:Proyek Jalan Desa Keban Agung Seluma Tuntas, Telan Anggaran Rp5,7 Miliar

"Pemkab Seluma harus segera bertindak, jangan sampai warga dan pemerintah akan merugi terhadap PAD. Dan jangan sampai PT MPA lepas tangan dalam pembayaran pajak dengan alasan telah beralih tangan ke PT BSL,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: