Warga Desa Tumbuan Seluma Kecewa PT AIP Bantah Cemari Sungai

Warga Desa Tumbuan Seluma Kecewa PT AIP Bantah Cemari Sungai

Warga dari Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu merasa kecewa dengan PT AIP (Agri Indo Persada) yang tak membantah dugaan pencemaran air sungai dari limbah perusahaan. Padahal terlihat air sungai di desa setempat kotor dan--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Warga dari Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu merasa kecewa dengan PT AIP (Agri Indo Persada) yang tak membantah dugaan pencemaran air sungai dari limbah perusahaan. Padahal terlihat air sungai di desa setempat kotor dan berminyak.

BACA JUGA:DLH Seluma Akan Uji Air Sungai yang Diduga Tercemar Limbah PT AIP

Salah satu warga setempat Cik Idi mengaku kecewa atas sikap perusahaan. Dirinya pun meminta DLH Seluma agar turun tangan melakukan uji sampel air sungai. Selain itu, DLH juga dituntut dapat bekerja dengan baik agar masalah dugaan pencemarah seperti ini tak berlarut-larut.

BACA JUGA:Tegas! Masyarakat Desa Tumbuan Surati Kades, Minta Tindak Lanjut Dugaan Limbah PT Aip Cemari Sungai

Bukan hanya DLH, warga juga meminta agar Kepala Desa juga mengambil sikap tegas terhadap persoalan ini agar segera teratasi sebelum memberikan dampak jangka panjang.

BACA JUGA:PT AIP Bantah Cemari Sungai di Seluma, Begini Klarifikasinya

"Bagaimana bisa tidak mencemari, jelas limbah PT AIP mengalami kebocoran yang mengaliri air sungai sehingga menimbulkan bau busuk dan berminyak," kata Idi warga setempat (Sabtu 29 September 2023).

Sementara itu dari pemberitaan sebelumnya, saat dikonfirmasi Humas PT AIP membantah dugaan adanya pencemaran limbah karena pihaknya merasa selalu melakukan pengecekan rutin setiap bulan bahkan untuk kebenaran terkait dugaan yang dituduhkan pun menurut PT AIP tak hanya dilihat secara langsung melainkan harus dilakukan uji laboratorium.

BACA JUGA:Diduga Limbah Sawit PT AIP Cemari Sungai, DPRD Akan Tinjau ke Lokasi

"Kalau hanya menduga dengan dilihat kasat mata karena airnya mengalami kotor, berminyak dan bau busuk, itu tidak bisa. Karena untuk memastikan benar tidaknya limbah sawit kita diduga mencemari sungai, harus dilakukan dengan uji Lab," kata Deni Humas PT AIP pada Rabu 27 September 2023 lalu.

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Seluma ‘Tandangi’ PT AIP

Ditambahkan Denni, selain dari hal tersebut, bahwa untuk kepastian limbah PT AIP tersebut tidak mencemari perairan sungai di Desa Tumbuan, pihaknya pun hampir setiap bulannya terus melakukan pengecekan aliran limbah PT AIP.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: