Bawaslu Rejang Lebong Terima Dana Hibah Pilkada 2024 Sebesar Rp10 Miliar

Bawaslu Rejang Lebong Terima Dana Hibah Pilkada 2024 Sebesar Rp10 Miliar

Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Ahmad Ali.--(Sumber Foto: Daman/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Untuk memenuhi kebutuhan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun 2024 mendatang di Kabupaten Rejang Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai salah  penyelenggara Pemilu akan mendapatkan bantuan anggaran dalam bentuk dana hibah sebesar Rp10 miliar.

BACA JUGA:Miris! Remaja Kota Bengkulu Tega Rudapaksa Gadis di Bawah Umur

"Kita telah sepakat ya, diangka 10 M untuk anggaran yang didapati Bawaslu," kata Ketua Bawaslu Rejang Lebong Ahmad Ali (Senin 2 Oktober 2023).

BACA JUGA:Kejari Rejang Lebong Buru Tersangka Lain Dugaan Korupsi Laboratorium RSUD Curup

Dengan disepakatinya anggaran hibah Pilkada ini, sebelumnya telah dilakukan pembahasan bersama Pemerintah Daerah, yang mana untuk anggaran tersebut memang berkurang dari usulan yang diajukan Bawaslu untuk anggaran Pilkada nanti.

BACA JUGA:Bulan Ini, Polres Rejang Lebong Terima 4 Laporan Anak yang Kabur dari Rumah

“Dari usulan kita kemarin kan diangka 11,159. Namun setelah dilakukan pembahasan, yang bisa akomodir hanya 10 M saja” lanjutnya.

BACA JUGA:Lansia di Rejang Lebong Ditemukan Meninggal Dunia di Pondok Tetangga

Sementara itu, untuk realisasi anggaran tersebut, berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), maka Pemerintah Daerah berkewajiban merealisasikan tahap awal melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan di akhir tahun 2023 ini.

BACA JUGA:The Minang Old Star Depok Juara Dedi Ruskam Cup 2023

“Kalau menurut dari SE Mendagri itu, ditahap awal ditahun ini sebesar 40 persen” sebutnya.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Bekuk Wanita Muda dan Istri Bandar Sabu Asal Rejang Lebong

Ali mengatakan dengan adanya realisasi dana hibah melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Daerah dan Bawaslu Rejang Lebong, maka untuk realisasi 40 persen dana hibah atau sebesar Rp 4 miliar dari total disepakati akan diakomodir di akhir tahun 2023 ini, sedangkan untuk tahap dua realisasi yakni 60 persen atau Rp6 miliar akan dicairkan pada APBD 2024 mendatang.

BACA JUGA:Minggu Sehat Perkuat Silaturahmi, Ratusan Pesepeda Gowes Bareng ISSI Rejang Lebong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: