Antisipasi yang Terburuk, KPU dan Polres Seluma Bikin Simulasi Rusuh Pemilu

Antisipasi yang Terburuk, KPU dan Polres Seluma Bikin Simulasi Rusuh Pemilu

Mengambil skenario kerusuhan, KPU bersama Polres Seluma menggelar simulasi pengamanan kota (Sispamkota) Pemilu 2024 yang dipusatkan di jalan lintas depan kantor KPU Seluma pada Rabu 4 Oktober 2023 siang. --(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Mengambil skenario kerusuhan, KPU bersama Polres Seluma menggelar simulasi pengamanan kota (Sispamkota) Pemilu 2024 yang dipusatkan di jalan lintas depan kantor KPU Seluma pada Rabu 4 Oktober 2023 siang. 

Dalam simulasi Sispamkota ni Polres Seluma melibatkan ratusan personel untuk melakukan pengamanan guna mengantisipasi yang terburuk terjadi saat pelaksanaan Pemillu 2024.

BACA JUGA:8 Fraksi DPRD Seluma Sampaikan Pandangan Umum RAPBD 2024

Karena pada setiap tahapan pemilu, selalu ada potensi konflik sosial yang bisa mengganggu kamtibmas.

Saat kampanye, masa tenang, hingga pengumuman pemenang pemilu, semuanya dapat mempengaruhi psikologi massa pendukung sehingga mudah dibenturkan.

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Simulasi Pengamanan Kota, Ada Demo hingga Jinakkan Bom

Adapun ratusaan personel yang terlibat diberikan pengetahuan dan pemahaman terkait tindakan-tindakan yang harus dilakukan saat Pemilu 2024. Mulai pengamanan kampanye hingga pengamanan aksi unjuk rasa yang berpotensi anarkis.

BACA JUGA:Dalam Waktu Berdekatan, 2 Insiden Kebakaran Lahan Terjadi Hari Ini di Seluma

Polres Seluma akan akan mengedepankan sikap humanis dalam rangka pengamanan Pemilu 2024. Meski begitu, pihaknya juga telah menyiapkan langkah strategis jika terjadi situasi tidak kondusif.

"Simulasi yang dilaksanakan mulai dari pemilihan penghitungan dan adanya unjuk rasa dari masyarakat yang protes agar kedepannya bila ada terjadinya hal-hal yang tak diinginkan dalam kegiatan tersebut seluruh pelaksanaan Pemilu tetap berjalan aman dan kondusif," kata AKBP Arif Eko Prastyo Kapolres Seluma.

BACA JUGA:Bupati Kaur Tausiah Bersama Jajaran ASN Pemkab dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Sementara itu Kominsioner KPU Seluma Iwan Setiawan juga mengatakan bahwa simulasi yang dilakukan hari ini berjalan dengan lancar dan tanpa adanya kendala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: