Cek Pencairan Bansos PKH dan BPNT 2023, Serentak Langsung Cair ke Penerima Ini, Ambil Bantuan hingga Rp3 Juta

Cek Pencairan Bansos PKH dan BPNT 2023, Serentak Langsung Cair ke Penerima Ini, Ambil Bantuan hingga Rp3 Juta

Ilustrasi. Cek pencairan bansos PKH dan BPNT Oktober 2023 segera.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Sejumlah bantuan kembali dicairkan pemerintah, para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat bersiap untuk mencairkannya. Ada bantuan sosial (bansos) dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang masih cair Oktober 2023.

Para penerima manfaat yang masih menantikan pencairan bansos PKH dan BPNT, pastikan terlebih dulu bahwa namamu terdaftar di DTKS Kemensos. Sesuai dengan bantuan yang diambil, KPM nantinya akan menerima uang hingga Rp3 juta.

Melansir BPK RI, bantuan sosial adalah suatu pemberian bantuan yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif. Bisa berupa uang/barang yang akan diterima masyarakat tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Masih Cair Oktober! Segera Cek Penerima KIP, Dapat Bansos PIP Kemdikbud 2023 Rp1 Juta, Auto Langsung Senyum

Sehingga bantuan ini tidak semua bisa mendapatkannya, bagi Anda yang ingin menerima bansos PKH dan BPNT 2023 syarat namanya terdaftar sebagai penerima bansos. Dengan begitu, uang gratis bisa langsung masuk ke rekening penerima, segera pastikan bahwa namamu masih menjadi KPM bansos.

Para KPM PKH dan BPNT dapat langsung cek status pencairannya melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id. Sebagaimana diketahui bansos ini diperuntukan untuk masyarakat yang kurang mampu atau rentan ekonomi. 

Bahkan kabarnya sebagian wilayah sudah bisa menerima bantuan dari pemerintah ini. Dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) PKH 2023, setidaknya ada 7 kategori yang akan menerima uang hingga Rp3 juta. Kemudian, bantuan hingga Rp2.400.000 untuk KPM BPNT 2023 yang cair secara bertahap.

BACA JUGA:Cek Nama Penerima Bansos BPNT Tahap 4, BLT Cair hingga Rp2.400.000, Pastikan Kamu Masuk Daftarnya

Masih cair Oktober 2023, para penerima manfaat dapat bersiap untuk lakukan pencairannya. Lantas tanggal berapa bantuan ini akan dicairkan bulan Oktober 2023? Pencairan bansos PKH dan BPNT telah berlangsung dari Agustus, penerima dapat cek sekarang apakah sudah bisa menerima bantuan atau belum.

Masuk awal Oktober 2023, bansos akan dicairkan kepada penerima secara bertahap. Tentang tanggal penyaluran bantuan ini, kemungkinan akan cair kembali pada tanggal 1-31 Oktober, untuk memastikan status pencairannya dapat langsung akses link cekbansos.kemensos.go.id.

Selain itu ada perubahan lokasi pencairan khusus untuk bansos PKH 2023. BLT PKH yang cair dalam dua bulan, penerima dapat mengambilnya melalui Bank Himbara. Sementara khusus PKH 2023 yang cair tiga bulan atau per triwulan akan dicairkan melalui PT Pos Indonesia.

BACA JUGA:Siap Cair ke Rekening Kamu! Ambil Bansos BPNT Oktober 2023 Hari Ini, Bawa Pulang Uang Gratis hingga Rp600 Ribu

Berbeda dengan BPNT 2023, lokasi dan waktu pencairan tidak berubah. Anda dapat melakukan pencairan di dua lokasi yakni melalui Bank Himbara maupun PT Pos Indonesia. Selanjutnya penerima dapat menceknya langsung secara online melalui hp.

Cara cek penerima bansos PKH dan BPNT 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: