Cek Fakta! Benarkah Jambu Biji Sebabkan Usus Buntu? Intip Kandungan dan Manfaatnya di Sini

Cek Fakta! Benarkah Jambu Biji Sebabkan Usus Buntu? Intip Kandungan dan Manfaatnya di Sini

Ilustrasi. Cek kandungan dan manfaat dari jambu biji di sini.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Jambu biji adalah sebutan bagi buah satu ini, tidak hanya memiliki rasa yang nikmat. Namun, juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebanding dengan rasanya, buah ini mempunyai kandungan vitamin dan antioksidan yang berlimpah. Diketahui jambu biji banyak ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan.

Seperti namanya, jika buah tersebut dipotong akan terlihat di dalamnya terdapat biji kecil-kecil yang dilapisi dengan daging si jambu. Lantas banyak yang bertanya apakah biji jambu boleh dikonsumsi? Pasalnya banyak yang menyebutkan biji jambu dapat sebabkan usus buntu. Lebih lanjutnya kamu bisa simak penjelasannya di sini.

BACA JUGA:Jangan Dikupas! Ternyata Kulit Buah Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Cek Kandungan dan Manfaatnya di Sini

Termasuk sebagai buah tropis dan dikenal dengan sebuatan guava, jambu biji sudah banyak dibudidayakan hingga dikonsumsi dai berbagai negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis, salah satunya Indonesia. Tak heran jika jambu biji sangat digemari, selain rasa manis yang khas juga menyehatkan.

Tidak sedikit orang menyukai buah satu ini, hingga menghadirkan berbagai macam olahan yang bisa disajikan, seperti jus, makanan olahan jambu biji dan lainnya. Tidak hanya itu, buah tersebut juga memiliki nutrisi yang mengandung protein, kalsium, magnesium, serat, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, vitamin E, hingga mineral seperti selenium, mangan, dan zinc.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Kandungan Buah Naga Ini Ampuh Redakan Batuk hingga Kurangi Risiko Kanker, Simak di Sini

Tidak sedikit dari kita, tentu mempertanyakan tentang biji jambu yang dapat sebabkan usus buntu? Melansir laman klikdokter, usus buntu atau disebut dengan apendiks adalah bagian dari usus yang bentuknya seperti usus besar, serupa jari kelingking yang letaknya ada di perut bagian kanan bawah. 

Dapat pula terjadi di bagian kiri, namun jarang. Peradangan pada usus buntu inilah yang sebabkan nyeri di perut bagian kanan bawah.

BACA JUGA:Cek Kandungannya! Ini Manfaat Buah Pepaya, Diduga Ampuh Kurangi Kerutan dan Bintik Hitam pada Kulit Wajah

Diketahui biji pada jambu biji ini tidak akan membuatmu terkena usus buntu. Hal tersebut hanyalah mitos yang kerap kali didengar, sehingga membuatmu menjadi waspada untuk tidak memakan bijinya.

Tak perlu khawatir, kamu tetap bisa menelan jambu biji sekaligus dan tidak akan mengganggu kesehatan. Sebab biji jambu berukuran kecil dan saat masuk ke tubuh tentunya langsung hancur oleh asam lambung dan enzim pencernaan.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Dapat Menghilangkan Stres hingga Bikin Kulit Bercahaya, Ini Manfaat Buah Matoa

Setelah mengetahui bahwa biji jambu tidak sebabkan usus buntu, berikut ini manfaat dari buah berbiji yang perlu kamu ketahui, dilansir dari laman alodokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: