dempo

Makin Subur! Cek Syarat dan Tanaman Apa Saja yang Bisa Dicangkok di Sini, Cara Ampuh Hasilkan Buah Berkualitas

Makin Subur! Cek Syarat dan Tanaman Apa Saja yang Bisa Dicangkok di Sini, Cara Ampuh Hasilkan Buah Berkualitas

Ilustrasi. Cek syarat dan tanaman apa saja yang bisa dicangkok di sini.--(Sumber Foto: Ilmukebun)

BETVNEWS - Berikut ini terdapat cara untuk menghasilkan tanaman menjadi lebih banyak secara vegetatif (tanpa perkawinan). Tentunya tidak sedikit orang mengetahui cara sederhana ini, yakni dengan mencangkok.

Tak heran, jika masyarakat Indonesia banyak menggunakan cara tersebut untuk mendapatkan tanaman atau buah yang segar dan bagus.

Melansir dari gramedia.com, mencangkok merupakan metode yang digunakan untuk perkembangbiakan secara vegetatif. Caranya juga tidak sulit, hanya perlu mengupas bagian ranting pohon yang terlihat sudah besar hingga terlihat kambiumnya, kemudian bagian tersebut ditutup dengan tanah atau humus lalu dilapisi plastik dan diikat.

BACA JUGA:Selain Wortel, Ternyata 9 Tanaman Herbal Ini Tidak Kalah Bagus untuk Kesehatan Mata, Yuk Cari Tahu Disini

Hal ini dilakukan agar akar baru terbentuk dari pohon yang sudah dicangkok. Hanya saja, tidak semua tanaman bunga atau buah dapat dicangkok. Untuk itu kamu bisa simak penjelasan berikut, terkait tanaman apa saja yang dapat dicangkok disertai dengan caranya.

Diketahui tanaman yang bisa dicangkok adalah jenis tumbuhan biji yang berkeping dua atau dikotil, sehingga tak sembarang tumbuhan dapat dijadikan sasaran mencangkok.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini kamu akan mengetahui tanaman yang dapat dicangkok, syarat hingga cara mencangkoknya di sini.

BACA JUGA:Selain Menyegarkan Mata, 6 Tanaman Hias Ini Ampuh Usir Polusi, Nomor 1 Dapat Cegah Kanker Akibat Udara Kotor

Tanaman buah yang dapat dicangkok

1. Jeruk

Salah satu buah yang dapat duicangkok adalah jeruk, kamu perlu memilih cabang atau batang terbaik dari tumbuhan ini, untuk bisa dicangkokkan bagi tanaman bawah yang kuat.

Secara umum, cangkok batang dan cangkok kulit (bud grafting) menjadi metode yang umum digunakan. Jika kamu berhasil dalam mencangkok jeruk, potong bagian tanaman induk, lalu biarkan tanaman cangkok tumbuh menjadi baru.

BACA JUGA:Kemangi, Tanaman Pembawa Rezeki Bisa Ditanam Depan Rumah

2. Rambutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: